KONTRIBUSI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA

MUHAMMAD SHOFA ZAINUDDIN, NIM. 09410250 (2016) KONTRIBUSI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA)
09410250_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA)
09410250_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)

Abstract

Muhammad Shofa Zainuddin. Kontribusi Pendidikan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Perkembangan Kecerdasan Intrapersonal Siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Latar belakang dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dituntut mampu menciptakan suasana yang kondusif demi terwujudnya tujuan pendidikan. Mengingat bahwa kecerdasan intrapersonal merupakan salah satu kunci kesuksesan anak di masa yang akan datang, lingkungan keluarga dan sekolah bertanggung jawab penuh atas proses perkembangan tersebut sampai batas yang maksimal. Kecerdasan intrapersonal sangat penting dikembangkan karena dengan kecerdasan intrapersonal anak bisa memahami dirinya sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, sehingga dengan demikian anak bisa menentukan pilihan masa depannya kelak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta, besarnya kontribusi pendidikan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan untuk menguji faktor yang paling besar kontribusinya terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 62 siswa. Seluruh populasi dijadikan sampel, karena jumlah populasinya yang sedikit atau dengan kata lain penelitian ini berjenis penelitian survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukan dari 50 butir soal angket terdapat 41 butir soal valid dan 9 butir soal tidak valid. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan model analisis regresi ganda model enter dan stepwise. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; 1) Pendidikan lingkungan keluarga dan pendidikan lingkungan sekolah secara bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal siswa di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. 2) Pendidikan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah memberikan kontribusi positif sebesar 20,5% dan signifikan terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal siswa SMA Muhammadiah 6 Yogyakarta. 3) Lingkungan keluarga merupakan faktor yang paling besar dalam memberikan kontribusinya terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal siswa SMA Muhammadiah 6 Yogyakarta yaitu sebesar 20,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 10:52
Last Modified: 19 Apr 2016 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum