REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SUNAN KUDUS TERHADAP PEMBANGUNAN KARAKTER

NUR ALFUSIFAK, NIM. 11410099 (2016) REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SUNAN KUDUS TERHADAP PEMBANGUNAN KARAKTER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SUNAN KUDUS TERHADAP PEMBANGUNAN KARAKTER)
11410099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SUNAN KUDUS TERHADAP PEMBANGUNAN KARAKTER)
11410099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR ALFUSIFAK. Rekonstruksi Pembelajaran Agama Islam Sunan Kudus Terhadap Pembangunan Karakter. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi konsep pembelajaran yang diterapkan oleh Sunan Kudus ketika menyebarkan Islam di Jawa dan metode pembelajaran agama Islam Sunan Kudus. Sebelum kedatangan Islam, mayoritas masyarakat Kudus beragama Hindu dan Budha. Ketika Sunan Kudus datang, dengan kondisi masyarakat yang seperti itu, dia sadar bahwa Islam harus diajarkan dengan menggunakan tradisi-tradisi lokal yang ada. Dia berusaha memahami ajaran-ajaran agama yang sudah lebih dulu ada di Kudus sehingga dia bisa berdakwah namun tetap menjaga tradisi-tradisi yang ada untuk menciptakan harmoni dalam masyarakat. Konsep dalam pembelajaran Sunan Kudus adalah sesuai dengan Al-Qur’an Surat Annahl ayat 125 yaitu dengan jalan Kebijaksanaan. Kebijaksanaan Sunan Kudus dapat kita lihat dari warisan kebudayaannya berupa Menara Multikultural. Cara atau Metode yang digunakan Sunan Kudus untuk memperkenalkan Islam antara lain larangan menyembelih sapi sebagai penghormatan kepada ajaran Hindu, membangun menara masjid yang berbentuk candi, dan membangun tempat wudhu yang memiliki delapan pancuran sebagai apresiasi terhadap delapan jalan keselamatan agama Budha. Penelitian ini merupakan penelitian literer kepustakaan (Library Research). Penulis memperoleh sumber data dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian terutama sumber dari buku Jejak Perjuangan Sunan Kudus Terhadap Pembangunan Karakter bangsa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan filsafat pendidikan karena penelitian ini mengkaji konsep dasar pemikiran Sunan Kudus dalam pembelajaran agama Islam. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Dokumen-dokumen yang relevan dalam penelitian seperti buku karya Solichin Salam yang berjudul Sunan Kudus Riwayat Hidup Serta Perjuangannya, dan buku-buku lain yang relevan. Hasil penelitian ini adalah konsep pembelajaran Sunan Kudus yang Bijaksana dalam berdakwah, dan toleransinya antar umat beragama. Terbukti dari peniggalanpeninggalan sejarah kebudayaan Sunan Kudus. Dengan mempelajari Sejarah Sunan Kudus maka kita dapat meneladani dan mengamalkan Karakter Sunan Kudus yang bijaksana dan toleran sehingga dapat menciptakan bangsa yang aman, damai, dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, S.S., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Pembelajaran Sunan Kudus, Toleransi, Pembangunan Karakter.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:09
Last Modified: 19 Apr 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum