GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

ATHIKA CANDRA SASMY ARGANI, NIM. 11410183 (2016) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410183_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410183_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)

Abstract

ATHIKA CANDRA SASMY ARGANI. Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa guru PAI harus memiliki salah satu kompetensi dari 5 kompetensi yang ada, yaitu kompetensi profesional. Dengan memiliki kompetensi profesional tersebut diharapkan seorang guru dapat menguasai mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk menjadi guru yang profesional tidak terlepas dari peran seorang pemimpin atau kepala sekolah yang demokratis yang dapat memberikan pengarahan dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada guru untuk berkembang. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI (2) Untuk mengetahui penerapan kepemimpinan demokratis kepala sekolah (3) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik sumber. Penelitiam ini menunjukkan bahwa (1) Kepala sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta sudah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru SMA Negeri 1 Yogyakarta bahwa kepala sekolah dapat merangkul semua pihak mulai dari komite sekolah, guru, karyawan dan pengawas. Tidak membeda-bedakan antara honorer dengan pegawai tetap dalam mendapatkan fasilitas dan memberikan kesempatan kepada semua warga sekolah untuk mengembangkan bidangnya masing-masing (2) Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Yogyakarta belum sepenuhnya menguasai kompetensi profesional. Hal ini dapat terlihat dari pemenuhan indikator-indikator kompetensi profesional oleh ketiga guru PAI SMA Negeri 1 Yogyakarta yang telah ditentukan. Indikator yang masuk dalam kriteria baik, yaitu: menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. Sedangkan indikator yang masuk dalam kriteria kurang baik, yaitu: mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:16
Last Modified: 19 Apr 2016 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum