IMPLIKASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP MENTAL AGAMA BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA

RINA WAHYUNI, NIM. 11411014 (2016) IMPLIKASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP MENTAL AGAMA BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP MENTAL AGAMA BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA)
11411014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP MENTAL AGAMA BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA)
11411014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

ABSTRAK RINA WAHYUNI. Implikasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Mental Agama Bagi Anak Jalanan Di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Tujuan penelitian ini adalah pertama,untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan PAIKEM Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Mental Agama bagi Anak Jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Kedua, untuk Mendeskripsikan Implikasi PAIKEM Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Mental Agama bagi Anak Jalanan di Rumah Singgah Anak Mandir Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah seringkali terdengar bahwa anak-anak jalananPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, menarik kesimpulan dan verifikasi serta triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa proses pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada mata pelajaran PAI terhadap mental agama bagi anak jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta.adalah: (1) Persiapan dan Praktek Pembelajaran yaitu diawali dengan pendahuluan, dimana guru memasuki ruang kelas, guru mengawali pelajaran dengan salam, guru menuntun peserta didik untuk berdoa kemudian sekitar sepuluh menit awal sebelum pelajaran dimulai digunakan membaca al-qur’an surat-surat pendek bersama-sama dipimpin oleh guru, terkadang maknanya dibacakan guna memberikan pemahaman kepada pesdik. (2) Inti Pembelajaran yaitu; Guru menanyakan apakah ada tugas rumah atau mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya, guru memberikan pre test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan tersebut, Guru memberikan materi dan disampaikan dengan menggunakan metode ceramah dan metode pembelajaran latihan dan praktek. (3) Penutup yaitu; 15 menit sebelum pelajaran berakhir guru mengadakan post test, guna mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan yaitu: Evaluasi, Kesimpulan, Berdo’a dan mengucapkan salam penutup. Kemudian materi-materi yang diajarkan di rumah singgah anak mandiri yogyakarta adalah materi aqidah, materi akhlak, dan materi fiqih. Dan implikasi kegiatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada mata pelajaran PAI terhadap mental bagi anak jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta ialah: 1) melatih kecerdasan emosional, 2) melatih sifat kejujuran, 3) melatih rasa tanggung jawab, 4) taat kepada Allah Swt, 5) melatih sikap kerja sama antar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:18
Last Modified: 19 Apr 2016 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum