IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (STUDI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI)

MUHAMMAD RIDWAN, NIM. 12410035 (2016) IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (STUDI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (STUDI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI))
12410035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (STUDI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI))
12410035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Ridwan. Implementasi Metode Pendidikan Qur'ani dalam Pendidikan Keluarga ( Studi Pemikiran Abdurrahman An-Nahlawi ). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh posisi strategis yang dimiliki oleh orang tua, khususnya dalam lingkungan keluarga, sebagai seseorang yang mampu memberikan pengaruh bagi dirinya sendiri dan atau bagi orang lain. Pengaruh itu bisa seperti mengamati, meniru, mengajak atau menasehati melakukan kebaikan, atau menjadi contoh teladan bagi yang lain. Keteladanan bisa disebut role model. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui metode pendidikan Qur’ani berdasarkan pemikiran Abdurrahman An-Nahlawi. (2) untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pendidikan tersebut dalam mengembangkan role model bagi orang tua. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer serta data sekunder sebagai objek analisis yang bersifat deskriptif-analitik dan dengan pendekatan filosofis. Metode pengolahan data ini menggunakan metode content analysis, sehingga dapat menangkap dan memahami isi dan atau substansi pemikiran Abdurrahman An-Nahlawi tentang metode pendidikan Qur’ani dalam pengembangan pendidikan keluarga. Hasil penelitian ini adalah metode pendidikan Qur’ani menurut Abdurrahman An-Nahlawi ada tujuh (7), yakni: 1) metode hiwar (percakapan) Qur’ani dan nabawi. 2) metode kisah Qur’ani dan nabawi. 3) metode amtsal (perumpamaan). 4) metode teladan. 5) metode praktik dan perbuatan/aplikasi dan pengamatan. 6) metode ‘ibroh dan nasihat (mau’izah) dan 7) metode targhib dan tarhib atau janji dan ancaman. Penggunaan metode pendidikan Qur’ani bagi pengembangkan role model bagi orang tua dalam pedidikan keluarga adalah: 1) dengan metode hiwar, orang tua harus berkomunikasi dengan anak secara intensif. 2) dengan metode kisah-kisah, orang tua harus selalu berusaha meningkatkan iman dan takwa (IMTAQ) serta amalan baik dalam kehidupan sehari-harinya. 3) metode perumpamaan, orang tua menjadikan dirinya sebagai model atau idola bagi sang anak dalam kehidupannya. 4) metode teladan, orang tua sebagai teladan bagi orang lain harus selalu mengajak untuk bertakwa kepada Allah SWT serta kepada amat ma’ruf nahi munkar dalam seluruh hidupnya. 5) metode aplikasi dan pengamalan, orang tua harus menyelaraskan antara ucapan dan perbuatan dan menampilkan perbuatan dan nasihat-nasihat yang baik. 6) metode ‘ibroh dan nasihat, selalu belajar dari kesalahan dan memperbaikinya lalu memberikan nasihat-nasihat yang baik melalui pengalaman-pengalamannya kepada orang lain. 7) metode targhib dan tarhib, sebagai sarana meningkatkan iman dan takwa kepada Allah, seperti melaksanakan perintah serta menjauhi larangan-larangan-Nya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan Qur’ani, Role Model, Abdurrahman An-Nahlawi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:30
Last Modified: 19 Apr 2016 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum