STUDI KOMPARASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA NON KMS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

EGAWITA DILA, NIM. 12410050 (2016) STUDI KOMPARASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA NON KMS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA NON KMS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
12410050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA NON KMS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
12410050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)

Abstract

Egawita Dila. Studi Komparasi Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar PAI antara Siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) dan Siswa Non KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PAI antara siswa KMS dan siswa non KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta yaitu bagaimana faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa KMS, bagaimana faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa non KMS, dan apakah terdapat perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa KMS dan non KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa KMS dan non KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik disproportionate Stratified Random Sampling, pengambilan sampel dengan menentukan jumlah sampel bila popoulasi berstrata tetapi kurang proporsional. Sampel dalam penelitian inI terdiri dari 9 siswa KMS dan 83 siswa non KMS. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan instrumen skala. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 32 butir soal terdapat 25 butir soal yang valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,865 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis komparasional dalam penelitian ini menggunakan teknik uji perbedaan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta adalah aspirasi siswa KMS yang cukup tinggi, kemampuan siswa KMS yang cukup rendah, kondisi siswa yang kurang semangat dalam belajar, kondisi lingkungan siswa yang berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu atau miskin. 2) Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa Non KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta adalah aspirasi siswa Non KMS yang lebih tinggi dibanding siswa KMS, kemampuan siswa KMS yang cukup tinggi, kondisi siswa yang semangat dalam belajar, kondisi lingkungan siswa yang berasal dari latar belakang keluarga mampu dan memperhatikan belajar siswa di rumah, guru yang tidak membedabedakan antara siswa KMS dan Non KMS. 3) Setelah melakukan uji hipotesis dihasilkan indeks perbedaan (t) sebesar -0,045 dengan taraf signifikan 0,964 karena taraf signifikan 0,964 > 0,05 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa KMS dan non KMS di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar PAI, siswa KMS, siswa non KMS
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 11:35
Last Modified: 19 Apr 2016 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum