HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KONSENTRASI BELAJAR AKHLAK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

JENI INTAN WIGUNA, NIM. 12410056 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KONSENTRASI BELAJAR AKHLAK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KONSENTRASI BELAJAR AKHLAK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KONSENTRASI BELAJAR AKHLAK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

JENI INTAN WIGUNA. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Lingkungan Sekolah dengan Konsentrasi Belajar Akhlak Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah konsentrasi belajar sangat penting dimiliki oleh siswa. Kemampuan siswa dalam membangun jalan pikiran (konsentrasi) untuk merespon & menginterpretasikan pelajaran sangat terkait dengan lingkungan sekitar siswa dan metode mengajar yang digunakan guru. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara lingkungan sekolah dengan konsentrasi belajar akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan lingkungan sekolah dengan konsnetrasi belajar akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 120 siswa yang terdiri dari kelas VIII C dan VIII D dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 60 butir soal terdapat 50 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.730 untuk lingkungan sekolah dan 0.746 untuk konsentrasi belajar akhlak dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 3 Depok berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 81-84. (2) Konsentrasi belajar Akhlak siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tahun pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 77-82. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan konsentrasi belajar Akhlak siswa, semakin baik lingkungan sekolah maka semakin baik konsentrasi belajar Akhlak siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,590 sementara rtabel 5% sebesar 0,972 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,000<0.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara lingkungan sekolah dengan konsentrasi belajar Akhlak siswa kelas VIII. Adapun kontribusi lingkungan sekolah terhadap konsentrasi belajar akhlak siswa adalah sebesar 34,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi, Lingkungan Sekolah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 12:46
Last Modified: 19 Apr 2016 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum