OTENTISITAS PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 1 PRAMBANAN

PUTRI YUNITA A, NIM. 12410064 (2016) OTENTISITAS PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 1 PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OTENTISITAS PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 1 PRAMBANAN)
12410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OTENTISITAS PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 1 PRAMBANAN)
12410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

PUTRI YUNITA A. Otentisitas Hasil Belajar dalam Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 1 Prambanan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penilaian pada kurikulum 2013 ini adalah penilaian autetik yang menekankan pada kemampuan peserta didik untuk mendemonstrasikan pengetahuan yang dimiliki secara nyata dan bermakna. Penilaian ini juga tidak hanya menekankan pada aspek penilaian pengetahuan saja melainkan juga pada aspek sikap dan keterampilan. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang bagaimana otentisitas hasil belajar dalam penilaian autentik yang dilakukan oleh guru PAI. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Prambanan, bagaimana otentisitas hasil belajar dalam penilaian autentik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 1 Prambanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI serta otentisitas hasil belajarnya di SMP N 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 1 Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dkumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data, penggabungan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) SMP N 1 Prambanan merupakan salah satu dari enam sekolah di Sleman Yogyakarta yang diberi kepercayaan menggunakan Kurikulum 2013 dari awal sampai sekarang. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian autentik yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Teknik penilaian yang digunakan untuk aspek pengetahuan adalah tes tertulis, sedangkan aspek sikap dan keterampilan menggunkan teknik pengamatan atau observasi. (2). Berdasarkan karakteristik dalam penilaian autentik, penilaian hasil belajar PAI di SMP N 1 Prambanan Dari tiga aspek penilaian, aspek pengetahuan memiliki tingkat otentisitas yang lebih baik karena telah dilaksanakan secara berkala dan terdokumentasi dengan baik. Sedangkan aspek sikap dan keterampilan saat peneliti melakukan observasi sudah dilaksanakan dengan baik namun belum banyak data-data penilaian yang didokumentasikan sehingga tingkat otentisitas penilaiannya kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 12:47
Last Modified: 19 Apr 2016 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum