HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN AKHLAK SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP NEGERI 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SOFWATUL BASIROH, NIM. 12410068 (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN AKHLAK SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP NEGERI 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN AKHLAK SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP NEGERI 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN AKHLAK SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP NEGERI 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)

Abstract

Sofwatul Basiroh, Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dengan Akhlak Siswa Di Lingkungan Sekolah SMP N 3 Tempel Tahun Pelajaran 2015/2016: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini diambil dari kondisi siswa SMP N 3 Tempel, yang kurang memiliki tingkah laku atau akhlak yang baik di lingkungan sekolah. Hal tersebut terlihat saat pembelajaran dan aktivitas di lingkungan sekolah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu seberapa tinggi akhlak siswa di lingkungan sekolah, seberapa tinggi kompetensi kepribadian guru PAI, apakah ada hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan akhlak siswa dan seberapa besar kontribusi yang diberikan oleh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap akhlak siswa. Tujuan penelitian ini mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan akhlak siswa di lingkungan sekolah SMP N 3 Tempel Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive, pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dan jumlah sampel yang diambil seluruh kelas VIII yang beragama Islam berjumlah 96 Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode skala, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 21 butir soal Kompetensi Kepribadian Guru PAI terdapat 20 butir soal yang valid, dan 42 butir soal akhlak siswa terdapat 32 butir soal yang valid. Analisis reliabilitas menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,903 untuk akhlak siswa sedangkan untuk kompetensi kepribadian guru PAI sebesar 0,833 yang dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat akhlak siswa SMP N 3 Tempel berada dalam klasifikasi tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil mean 101,33 yang berada pada klasifikasi “Tinggi”. 2) Tingkat kompetensi kepribadian guru PAI SMP N 3 Tempel berada dalam klasifikasi cukup, hal ini dibuktikan dengan mean 58,21 yang berada dalam klasifikasi “Cukup”. 3) Hubungan kompetensi kepribadian guru PAI dengan akhlak siswa di lingkungan sekolah SMP N 3 Tempel adalah positif dan signifikan, hal ini terbukti dengan hasil analisis data statistik product moment sebesar 0, 255 jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai df 94, “r” tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0, 205, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikan 5%. Dan diinterpretasikan dengan tabel nilai rxy termasuk klasifikasi lemah. Dan terdapat kontribusi sebesar 6,5% dari kompetensi kepribadian guru PAI terhadap akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Akhlak Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 12:49
Last Modified: 19 Apr 2016 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum