KESULITAN ORANG TUA MUALAF DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEPADA ANAKNYA YANG REMAJA DI YOGYAKARTA

WAENOFUL, NIM. 12410083 (2016) KESULITAN ORANG TUA MUALAF DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEPADA ANAKNYA YANG REMAJA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESULITAN ORANG TUA MUALAF DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEPADA ANAKNYA YANG REMAJA DI YOGYAKARTA)
12410083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (KESULITAN ORANG TUA MUALAF DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEPADA ANAKNYA YANG REMAJA DI YOGYAKARTA)
12410083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

WAENOFUL. Kesulitan Orang Tua Mualaf Dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam Kepada Anaknya Yang Remaja di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah orang tua mualaf yang belum mempunyai pengetahuan keIslaman dan kemapanan dalam praktik ibadah harus dan wajib mendidik anaknya. Mendidik anak merupakan tugas dan tanggung jawab orang tua termasuk orang tua mualaf. Keterbatasan yang dimiliki orang tua mualaf dapat menjadi kesulitan dalam memberikan pendidikan kepada anaknya, terutama dalam memberikan pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan, kesulitan-kesulitan dan faktor-faktor pendidikan agama Islam dalam keluarga mualaf. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan mengambil latar majelis pembinaan mualaf di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penilitian ini merupakan orang tua (ayah, ibu) dan anaknya yang remaja. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua cara, yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga mualaf pada prosesnya orang tua mengajarkan tentang : tauhid, ibadah mahdoh dan ghoiru mahdoh yang meliputi shalat, puasa, zakat, dan bergaul dengan lingkungan sesuai dengan ajaran Islam. Metode yang digunakan orang tua meliputi: memberikan contoh (keteladanan), cerita (kisah), nasihat, motivasi dan ancaman. 2) Kesulitan-kesulitan pada pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga mualaf meliputi: orang tua mualaf tidak bisa memberikan pengajaran pengetahuan tentang Islam karena minimnya ilmu pengetahuan agama orang tua mualaf, orang tua mualaf tidak bisa mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada anaknya karena orang tua mualaf belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, kesibukan kegiatan anak remajanya di luar rumah menjadikan intensitas orang tua dalam memberikan nasihat kepada anaknya kurang maksimal, anak usia remaja memiliki kondisi psikologis yang labil membuat anak masih menunda perintah orang tua, terutama saat diperintah melaksanakan ibadah shalat. 3) Faktor-faktor pada pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga mualaf meliputi: pendidik (orang tua), anak didik (anak), tujuan pendidikan, faktor alat-alat (metode dan materi), dan faktor alam sekitar (lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Keluarga Mualaf, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 12:58
Last Modified: 19 Apr 2016 16:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum