PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI UJIAN MUNAQASYAH PADA KELAS CEPATAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AR ROYYAN-BAITUL HAMDI YOGYAKARTA

PUTRI FIRDAUS FAHMI, NIM. 12410095 (2016) PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI UJIAN MUNAQASYAH PADA KELAS CEPATAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AR ROYYAN-BAITUL HAMDI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI UJIAN MUNAQASYAH PADA KELAS CEPATAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AR ROYYAN-BAITUL HAMDI YOGYAKARTA)
12410095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI UJIAN MUNAQASYAH PADA KELAS CEPATAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AR ROYYAN-BAITUL HAMDI YOGYAKARTA)
12410095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

PUTRI FIRDAUS FAHMI. Penerapan Evaluasi Pembelajaran Al Qur’an pada kelas cepatan di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Ar Royyan-Baitul Hamdi Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari ‘unik’nya kelas cepatan yang menerapkan program PPL atau microteaching bagi kelas cepatan di Pondok Pesantren ini, sebelumnya belum ada penerapan sistem tersebut dalam upaya tindak lanjut khususnya pada kelas cepatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran, khususnya dalam hasil pembelajaran Al Qur’an pada kelas cepatan, Sehingga dapat diketahui santri yang dinilai layak untuk mengikuti program PPL atau microteaching melalui ujian munaqasyah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran dan pemikiran tentang bagaimana penerapan evaluasi tersebut dan hasilnya setelah diterapkannya evaluasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (mendisplaykan data) dalam penelitia ini berupa tabel nilai munaqasyah; conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan persistent observation (ketekunan pengamatan), yaitu melakukan pengamatan terhadap proses munaqasyah dalam satu waktu atau satu kali munaqasyah secara detail tanpa diulang, Triangulasi yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau perbandingan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi Al Qur’an melalui munaqasyah dapat tercapai dengan nilai yang baik atau dapat dikatakan berhasil, ditandai dengan nilai rata-rata B pada kategori penilaian kognitif santri( tafsir), baik wajib maupun pilihan dan pada penilaian afektif pada munaqasyah juga dapat dikatakan kondusif melihat banyaknya santri yang taat pada tata tertib dalam munaqasyah , dan pada wilayah kategori psikomotorik (tilawah) hanya 8 orang saja yang mendapat nilai dibawah rata-rata termasuk santri tanpa nilai pada santri putra dari 34 santri, dan 10 santri dari 20 santri termasuk santri tanpa nilai. Secara keseluruhan evaluasi berjalan dengan baik dan hasil yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Munaqasyah, Kelas Cepatan, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 13:03
Last Modified: 19 Apr 2016 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum