HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

MUH SYIHABUDDIN, NIM. 12410144 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
12410144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
12410144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muh Syihabuddin. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kecerdasan emosional sangat penting untuk dioptimalkan oleh siswa untuk kesuksesan hidupnya. Kecerdasan emosional dapat dipengaruhi oleh faktor keluarga, biologis, temperamen dan lingkungan sosial termasuk sekolah. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI dengan kecerdasan emosional siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa yang beragama Islam kelas X SMA N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 130 siswa yang terdiri dari kelas XA, XB, XC, XD, XE dan XF. dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket(skala). Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 60 butir soal terdapat 44 butir soal terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.859 untuk kecerdasan emosional siswa dan 0.833 untuk pengelolaan kelas, maka dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI kelas X SMA N 1 Piyungan Bantul tahun ajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 84–93. (2) kecerdasan emosional siswa kelas X SMA N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 berada pada tingkat baik yaitu terletak pada interval 87–93. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi pengelolaan kelas maka semakin tinggi kecerdasan emosional siswa dan semakin rendah pengelolaan kelas maka semakin rendah kecerdasan emosional siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,700 sementara rtabel 5% sebesar 0,244, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,000<0.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI dengan kecerdasan emosional siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, S.Ag.,M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 17:02
Last Modified: 19 Apr 2016 17:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum