PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI ) TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH

AJI WARDANA, NIM. 12410152 (2016) PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI ) TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI ) TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH)
12410152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI ) TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH)
12410152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)

Abstract

AJI WARDANA. Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Inovasi Pembelajaran di SD se-Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya jika pelaksanaan kegiatan KKG PAI berjalan efektif maka inovasi pembelajaran pun akan berada pada taraf yang tinggi. Namun kenyataannya meskipun kegiatan KKG PAI sudah berjalan efektif, masih dijumpai anggota KKG PAI yang dalam proses pembelajaran sama sekali tidak melakukan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh kegiatan KKG PAI terhadap inovasi pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa program kerja KKG PAI Kecamatan Kroya, seberapa efektif kegiatan KKG PAI, seberapa tinggi inovasi pembelajaran di SD se-Kecamatan Kroya, serta adakah pengaruh kegiatan KKG PAI terhadap Inovasi Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh kegiatan kelompok kerja guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) terhadap Inovasi Pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian guru anggota KKG PAI dan sampel penelitian sebanyak 54 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian telah lulus uji validitas, reliabilitas, normalitas maupun linieritas. Analisis validitas menunjukkan 20 butir angket kegiatan KKG PAI terbukti 17 valid dan 3 tidak valid. Sedangkan 20 butir angket inovasi pembelajaran terbukti 18 valid dan 2 tidak valid. Koefisien kegiatan KKG PAI menunjukkan reliabilitas sebesar 0,865 sedangkan koefisien inovasi pembelajaran menunjukkan reliabilitas sebesar 0,877, dan keduanya dinyatakan reliabel. Uji normalitas dan linieritas merupakan syarat sebagai uji regresi dalam penelitian. Uji normalitas antara kegiatan KKG PAI dan inovasi pembelajaran didapatkan dengan taraf signifikan 5% adalah 0,080>0,05<0,200. Dan uji normalitas menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,254 yang artinya lebih besar dari 0,005. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Program Kerja KKG PAI meliputi pertemuan rutin anggota KKG PAI, diskusi permasalahan pembelajaran, pelatihan dan penyusunan silabus dan RPP, penyusunan kisi-kisi soal, dan pelatihan penyusunan perangkat administrasi guru. 2) Efektifitas kegiatan KKG PAI tergolong dalam kategori efektif dengan nilai rata-rata 56,42 dan ketentuan responden yang berada dalam kategori cukup efektif sebanyak 8 responden, efektif 33 responden dan sangat efektif 13 responden. 3).Tingkat inovasi pembelajaran tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 62,35 dan ketentuan siswa yang berada dalam kategori tinggi 37 responden dan sangat tinggi 17 responden. 4)Ada pengaruh positif antara kegiatan KKG PAI dengan inovasi pembelajaran di SD se-Kecamatan Kroya. Inovasi pembelajaran dipengaruhi oleh kegiatan KKG PAI sebesar 36,5% sedangkan 63,5% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 17:03
Last Modified: 19 Apr 2016 17:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum