KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA)

ISNAENI HOLISOH, NIM. 12410205 (2016) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA))
12410205_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN KI HAJAR DEWANTARA))
12410205_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)

Abstract

ISNAENI HOLISOH. Konsep Pendidikan Karakter pada Anak (Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara), Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah krisis moral yang terjadi di Indonesia sudah mengkhawatirkan. Pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk menghadapi krisis moral tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik mengkaji pemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan karakter pada anak. Penulis tertarik mengkaji pemikiran Thomas Lickona karena ia memiliki ketertarikan dengan pendidikan dan perkembangan karakter anak. Dan ketertarikan penulis kepada tokoh Ki Hajar Dewantara karena ia menaruh perhatian di bidang pendidikan, salah satunya dengan mendirikan Taman Siswa dan aktif menulis di berbagai media khususnya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan konsep pendidikan karakter pada anak pemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara serta untuk menganalisis relevansi konsep pendidikan karakter pada anak pemikiran Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis, filosofis dan komparatif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, artikel, dan sumber lain yang terkait dengan penelitian. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis), langkah-langkahnya yaitu reduksi data, display data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu pendidikan karakter pada anak menurut Thomas Lickona adalah usaha yang disengaja untuk menumbuhkan kebajikan moral dan intelektual melalui setiap fase dari kehidupan sekolah anak, bertujuan untuk membimbing anak supaya menjadi cerdas dan baik. Metodenya mengunakan ceramah, diskusi, tanya jawab, problem solving, keteladanan, dan refleksi. Pendekatannya yaitu guru sebagai seorang pengasuh, model, dan mentor; menciptakan komunitas bermoral di kelas; disiplin moral; menciptakan lingkungan kelas demokratis; mengajarkan nilai-nilai melalui kurikulum; serta pendekatan pembelajaran kooperatif. Pendidikan karakter pada anak menurut Ki Hajar Dewantara adalah penanaman nilai-nilai kebenaran (cipta), keindahan (rasa), dan kebaikan (karsa) pada anak, bertujuan menuntun kekuatan kodratnya anak dan setiap anak dapat menguasai dirinya. Metodenya ngerti, ngrasa, dan nglakoni. Pendekatannya yaitu pendekatan humano holistik (kepribadian integral), kurikulum integratif, dan metodologis okasional. Persamaannya yaitu pengertian, tujuan, dan pusat pendidikan karakter pada anak, serta fokus perhatian Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara terhadap anak. Perbedaannya pada metode, pendekatan, serta tahap pendidikan karakter pada anak. Relevansinya dengan PAI yaitu pada pengertian, tujuan, metode, dan pusat pendidikan karakter pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan, karakter, anak, Thomas Lickona, Ki Hajar Dewantara
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:57
Last Modified: 20 Apr 2016 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum