EFEKTIVITAS PERAN GURU PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA DALAM UPAYA PREVENTIF MENANGKAL PROPAGANDA RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK

MAULIDAH ROHMATIKA, NIM. 12410219 (2016) EFEKTIVITAS PERAN GURU PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA DALAM UPAYA PREVENTIF MENANGKAL PROPAGANDA RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERAN GURU PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA DALAM UPAYA PREVENTIF MENANGKAL PROPAGANDA RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK)
12410219_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERAN GURU PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA DALAM UPAYA PREVENTIF MENANGKAL PROPAGANDA RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK)
12410219_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)

Abstract

MAULIDAH ROHMATIKA. Efektivitas Peran Guru PAI di SMP N 9 Yogyakarta dalam Upaya Preventif Menangkal Propaganda Radikalisme Islam pada Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang dari penelitian ini adalah sering muncul fenomena sikap radikal masyarakat golongan tertentu untuk menunjukkan eksistensi dan opini mereka. Kekerasan menjadi cara yang sering dilakukan untuk memprotes kebijakan pemerintah yang kadang tidak sesuai dengan kehendak mereka. aksiaksi kelompok radikal masih terus berlangsung beserta propagandanya. Rekruitmen masih dilakukan dan rencana-rencana aksi masih tetap ada. Yang menjadi saasaran empuk adalah para remaja yang kurang memiliki pemahaman agama. Menangkal bahaya radikalisme agama memang tidak bisa di selesaikan oleh pemerintah atau tokoh agama yang ada dimasyarakat saja. Namun pendidikan juga memiliki kendali yang besar dalam menangkal penyebaran paham-paham radikal melalui yaitu melalui peran guru agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek data yang diperoleh dari beberapa sumber. Data dari sumber kemudian dideskripsikan, dikategorikan, mana pandangan yang sama dan mana pandangan yang berbeda dan spesifik dari sumber-sumber tersebut. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta terbagi menjadi dua model yaitu 1) pembelajaran didalam kelas pembelajaran aktif, inovatif, kontekstual dan menyenangkan. Sedangkan kegiatan pembelajaran PAI diluar kelas merupakan program pembiasaan akhlak mulia. 2) Upaya prefentif yang dilakukan oleh guru PAI dalam menangkal radiklisme melalui peran guru sebagai pendidik yang menjadi panutan dan mengawasi prilaku peserta didik, sebagai pengajar yang mengajarkan agama Islam secara kontekstual dan mengajarkan toleransi tasamuh dan cinta perdamaian, sebagai pembimbing yang membimbing peserta didik dalam memahami ciri-ciri dan bahaya radikalisme, sebagai pelatih yang melatih peserta didik untuk membiasakan akhlak mulia, sebagai teladan yang bersikap terbuka, tidak fanatik dan demokratis. 3) Efektivitas peran guru PAI dalam upaya preventif menangkal radikalisme Islam pada peserta didik menunjukkan taraf tercapainya tujuan guru dalam menangkal radikalisme pada peserta didik. yang terwujud dari peserta didik memahami bahaya radikalisme, bersikap terbuka dan tidak fanatik dalam beragama,, menolak aksi anarkis atas nama agama, bersikap toleran, menjunjung tinggi perdamaian dan menganjurkan persatuan serta memiliki jiwa nasionalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah M.Pd.I
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:08
Last Modified: 20 Apr 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum