PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM PRABUMULIH

SWADESA MARAHINTI, NIM. 12410240 (2016) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM PRABUMULIH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM PRABUMULIH)
12410240_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII.2 MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM PRABUMULIH)
12410240_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)

Abstract

Swadesa Marahinti, Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darussalam Prabumulih. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Salah satu kelemahan proses pembelajaran diantaranya adalah kurangnya variasi dalam metode pembelajaran, sehingga kreatifitas siswa tidak dapat dikembangkan jika guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja, misalnya metode ceramah. Dengan demikian, diperlukan adanya variasi metode pembelajaran, khususnya dalam pelajaran akidah akhlak. Hal ini disadari bahwa mata pelajaran akidah akhlak tidak hanya menyangkut aspek kognitif saja, namun juga aspek afektif. Untuk itu perlu diterapkan model cooperative learning tipe NHT dalam rangka menumbuhkembangkan motivasi dan prestasi belajar. Permasalahannya, apakah penerapan model Numbered Head Together mampu meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Darussalam Prabumulih? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran, yaitu sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 23 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan) dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tingkat motivasi dan prestasi siswa dinyatakan dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Penerapan model numbered head together (NHT) di MTs Darussalam dalam pembelajaran aqidah akhlak bisa diterapkan dengan baik. Guru dapat melaksanakan sesuai prosedur yang telah disiapkan. Siswa sangat antusias dan merasa senang dengan model pembelajaran NHT tersebut, Penerapan model NHT dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu pembentukan kelompok (penomoran), mempersiapkan buku paket atau buku panduan, diskusi masalah, dan memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban. Kedua, adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darussalam Prabumulih terlihat dari meningkatnya prestasi belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa baru mencapai 65,22% (sedang), atau dapat dikatakan pada siklus I ini ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 82,61% (baik), atau mengalami peningkatan sebesar yang signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan pada siklus II ini ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode, Numbered Head Together (NHT), prestasi dan motivasi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:20
Last Modified: 20 Apr 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum