IMPLIKASI MANAJEMEN DIRI SISWA PENGURUS IPM KELAS XI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL

INDRI HASTUTI, NIM. 12410258 (2016) IMPLIKASI MANAJEMEN DIRI SISWA PENGURUS IPM KELAS XI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI MANAJEMEN DIRI SISWA PENGURUS IPM KELAS XI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL)
12410258_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI MANAJEMEN DIRI SISWA PENGURUS IPM KELAS XI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL)
12410258_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

INDRI HASTUTI. Implikasi Manajemen Diri Siswa Pengurus IPM Kelas XI dalam Membangun Motivasi Belajar PAI Di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen diri siswa pengurus IPM Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul dalam membangun motivasi belajar PAI. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI yang menjadi pengurus IPM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan analisis induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Manajemen diri siswa pengurus IPM Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dengan adanya langkah-langkah manajemen diri dalam mencapai tujuan hidupnya. Adapun yang menjadi pedoman langkah-langkah manajemen diri untuk mencapai kesuksesan meliputi belajar bertanggungjawab, melakukan inovasi, belajar dari kesalahan, memiliki keterampilan dalam melakukan hubungan interpersonal, meningkatkan keterampilannya serta mampu mengukur keberhasilan dan kegagalan. (2) Langkah-langkah manajemen diri siswa pengurus IPM Kelas XI dalam membangun motivasi belajar PAI dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: belajar bertanggungjawab ditandai siswa termotivasi untuk tekun menghadapi tugas, melakukan inovasi ditandai siswa termotivasi ingin mendalami bahan atau bidang pengetahuan yang diberikan dan mengejar tujuan-tujuan jangka panjang, belajar dari kesalahan ditandai siswa termotivasi untuk ulet dalam menghadapi kesulitan, keterampilan melakukan hubungan interpersonal ditandai siswa termotivasi untuk menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah, meningkatkan keterampilan ditandai siswa termotivasi untuk tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, dan mengukur keberhasilan dan kegagalan ditandai siswa termotivasi untuk selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: manajemen diri, motivasi belajar PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:21
Last Modified: 20 Apr 2016 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum