UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PADA TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) DI BATALYON INFANTERI 403/WIRASADA PRATISTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

NAJIH ABQORI, NIM. 11350075 (2016) UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PADA TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) DI BATALYON INFANTERI 403/WIRASADA PRATISTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PADA TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) DI BATALYON INFANTERI 403/WIRASADA PRATISTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM)
11350075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH PADA TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) DI BATALYON INFANTERI 403/WIRASADA PRATISTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM)
11350075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk membentuk keluarga sakinah. Setiap keluarga TNI di Yonif 403/WP mempunyai upaya masing-masing dalam membentuk keluarga sakinah. Dalam upaya-upaya yang dilakuan, terdapat berbagai kendala yang dihadapi keluarga TNI di Yonif 403/WP dalam membentuk keluarga sakinah, seperti ketika suami ditugaskan ke daerah tertentu untuk jangka waktu enam bulan sampai satu tahun dan isteri harus berada di asrama. Pada masa transisi inilah sering kali suami isteri menghadapi berbagai hambatan untuk terciptanya keluarga sakinah. Dengan adanya fenomena tersebut, penyusun tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih lanjut mengenai upayaupaya keluarga TNI di Yonif 403/WP Yogyakarta dalam membentuk keluarga sakinah serta mengkaji upaya-upaya tersebut dengan tinjauan hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisis data kualitatif, artinya data yang diperoleh adalah hasil dari fakta yang terjadi di lapangan yaitu keluarga TNI di Yonif 403/WP. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu penyusun mengumpulkan, menyusun, memaparkan dan menjelaskan pandangan dari 10 keluarga di Yonif 403/WP. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pendekatan yang digunakan adalah normatif-yuridis yaitu pendekatan terhadap suatu persoalan yang didasarkan pada naṣ-naṣ yang ada dipadukan dengan hukum positif. Berdasarkan penelitian yang penyusun lakukan, upaya yang dilakukan keluarga TNI di Yonif 403/WP dalam membentuk keluarga sakinah adalah: Pertama, menjaga komunikasi dengan baik. Kedua, bersikap jujur, saling percaya, saling menjaga, mengajarkan sopan santun, saling menghormati dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Ketiga, menerapkan prinsip musyawarah dalam mengatasi setiap persoalan. Keempat, mengajarkan pendidikan agama dalam keluarga. Lingkungan di asrama militer Yonif 403/WP dapat memberikan pengaruh terhadap pembentukan keluarga sakinah, akan tetapi tidak semua hal tersebut, itu menjadi alasan utama untuk membentuk keluarga sakinah, karena keluarga sakinah adalah tujuan yang hendak dicapai oleh masing-masing keluarga. Adapun upaya yang dilakukan masing-masing keluarga TNI di Yonif 403/WP itu berbeda-beda, namun perbedaan tersebut tidak bertentangan dengan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SUPRIATNA, M.Si
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:48
Last Modified: 20 Apr 2016 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum