PELAKSANAAN KURSUS PRA NIKAH DAN KURSUS CALON PENGANTIN OLEH KUA KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATRA UTARA

SUCI CAHYATI NASUTION, NIM. 12350061 (2016) PELAKSANAAN KURSUS PRA NIKAH DAN KURSUS CALON PENGANTIN OLEH KUA KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATRA UTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KURSUS PRA NIKAH DAN KURSUS CALON PENGANTIN OLEH KUA KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATRA UTARA)
12350061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KURSUS PRA NIKAH DAN KURSUS CALON PENGANTIN OLEH KUA KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATRA UTARA)
12350061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Memulai pernikahan sama halnya seperti membangun sebuah bangunan. Bangunan itu mungkin sangat besar dan megah. Namun yang paling penting adalah pondasi yang menopang bangunan itu. Jika suatu saat muncul badai dan gempa, bangunan tersebut tidak akan cepat roboh. Begitu juga halnya dengan pernikahan, sepasang suami istri haruslah memiliki bekal untuk mengarungi samudra kehidupan mereka bersama nantinya. Untuk itu dibutuhkan persiapan baik mental, financial, dan pengetahuan tentang pernikahan. Berdasarkan konteks tersebut penyusun ingin menganalisis pelaksanaan kursuss pra nikah dan kursus calon pengantin oleh KUA Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatra Utara yang berupa kegiatan penasehatan pra nikah. Pokok masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kursus pra nikah dan kursus calon pengntin di KUA Kecamatan Sungai Kanan dan apa saja faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan kursus pra nikah dan kursus calon pengantin di KUA Kecamatan Sungai Kanan. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) di KUA Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatra Utara. Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik yang bertujuan untuk memaparkan hasil pengamatan tanpa diadakan pengujian hipotesis. Pendekatan yang dipergunakan pendekatan normatif dan yuridis. Metode pengumpulan data digunakan adalah dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Kesimpulan dari penelitian skripsi ini pertama pelaksanaan kursus pra nikah dan kursus calon pengantin belum berjalan sesuai aturan. Salah satunya dilaksanakan kegiatan penasehatan pra nikah di KUA Kecamatan Sungai Kanan masih kurang efektif. Berdasarkan jumlah seluruh peristiwa pernikahan di KUA Kecamatan Sungai Kanan hanya 20% pertahunnya yang mengikuti kegiatan penasehatan pra nikah ini. Adapun dalam melaksanakan kursus pra nikah dan kursus calon pengantin yang berupa kegiatan penasehatan pra nikah terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor pendukung diantaranya: Untuk waktu kegiatan diserahkan kepada calon pengantin, materi penasehatan pra nikah yang cukup mudah dipahami, metode penyampaian materi menggunakan metode ceramah (tatap muka), tanya jawab dan pendekatan berdasarkan pengalaman narasumber/penasehat atau orang lain yang dapat disesuaikan sebagai pegangan dalam tindakan masing-masing individu, sikap narasumber/penasehat yang ramah dan komunikatif. Faktor penghambat diantaranya: kurangnya sosialisasi dari pihak KUA Kecamatan Sungai Kanan kepada masy arakat tentang kursus pra nikah dan kursus calon pengantin, narasumber/penasehat yang kurang begitu ahli dibidangnya, minimnya minat calon pengantin untuk mengikuti kegiatan tersebut, materi yang disampaikan terlalu minim dan dasar, metode yang digunakan terlalu sederhana,sarana dan pembiayaan yang sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. H. KHOIRUDDIN NASUTION, M.A.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:59
Last Modified: 20 Apr 2016 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum