REPRESENTASI PRAKTIK POLIGAMI OLEH MASYARAKAT DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (ANALISIS WACANA KRITIS)

RENI SUDARILAH, NIM. 12540100 (2016) REPRESENTASI PRAKTIK POLIGAMI OLEH MASYARAKAT DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (ANALISIS WACANA KRITIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI PRAKTIK POLIGAMI OLEH MASYARAKAT DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (ANALISIS WACANA KRITIS))
12540100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI PRAKTIK POLIGAMI OLEH MASYARAKAT DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN (ANALISIS WACANA KRITIS))
12540100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Praktik pernikahan poligami yang langgeng sejak dulu hingga dewasa ini terus memunculkan pro dan kontra di masyarakat. Praktik poligami seringkali menarik perhatian dan mengundang simpati yang cukup besar dari lapisan masyarakat, terutama kalangan masyarakat Islam dari dahulu sampai sekarang. Praktik poligami tersebut telah menjadi isu sosial yang tidak pernah habis jika diperdebatkan. Hal tersebut diantaranya tercermin dalam sebuah karya sastra, maupun media yang lainnya. Penelitian ini bertujuan melihat makna yang tersirat di balik teks penceritaan bidang kajian wacana dalam novel mengenai bagaimana sebuah novel memposisikan laki-laki maupun perempuan dalam cerita novel. Dalam kaitan isu poligami, beberapa karya sastra seperti novel dapat menampilkan dan memperkuat isu poligami yang terjadi pada masyarakat. Demikian halnya dengan praktik poligami yang terdapat dalam novel Surga yang Tak Dirindukan yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini menganalisis mengenai wacana poligami yang direpresentasikan oleh masyarakat dalam novel. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap faktor-faktor penerimaan poligami oleh masyarakat dalam novel Surga yang Tak Dirindukan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif interpretatif. Data diperoleh dengan telaah dalam data sekunder yakni berupa novel, opini, maupun literatur yang membahas mengenai novel Surga yang Tak Dirindukan yang diperoleh menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis wacana feminis model Sarra Mills. Konsep ini melihat posisi tokoh yang ditampilkan dalam novel, yakni posisi yang menjadi subjek-objek dan juga melibatkan posisi pembaca yang dihadirkan dalam cerita novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun poligami lebih banyak digambarkan oleh pihak perempuan sebagai subjek dan laki-laki sebagai objek yang digambarkan, akan tetapi perempuan cenderung ditampilkan dengan ketidakadilan, dan ditemukan adanya konstruk gender berupa stereotipe dan marginalisasi perempuan. Terdapat dua pola poligami yang tergambar dalam cerita novel Surga yang Tak Dirindukan, yaitu poligami secara sembunyi dan terbuka. Adapun faktor-faktor penerimaan praktik poligami oleh masyarakat dalam novel Surga yang Tak Dirindukan antara lain faktor takdir, keuntungan, ekonomi(materi), cinta, simpati dan faktor pemakluman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adib Sofia, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Poligami, novel surga
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:16
Last Modified: 01 Jun 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum