PRAKTIK JUAL BELI AKSESORIS HANDPHONE IMITASI STUDI KASUS DI TOKO JL. MONJALI YOGYAKARTA ( PERSPEKTIF NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM )

ACHMAD DICKI S, NIM. 12380066 (2016) PRAKTIK JUAL BELI AKSESORIS HANDPHONE IMITASI STUDI KASUS DI TOKO JL. MONJALI YOGYAKARTA ( PERSPEKTIF NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK JUAL BELI AKSESORIS HANDPHONE IMITASI STUDI KASUS DI TOKO JL. MONJALI YOGYAKARTA ( PERSPEKTIF NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ))
12380066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK JUAL BELI AKSESORIS HANDPHONE IMITASI STUDI KASUS DI TOKO JL. MONJALI YOGYAKARTA ( PERSPEKTIF NORMATIF DAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM ))
12380066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbisnis merupakan aktivitas niaga yang berkembang secara pesat di masyarakat. Salah satu tujuan berbisnis adalah untuk memperoleh keuntungan serta untuk menciptakan kesejahteraan sosial bagi pelaku usaha maupun konsumen. Salah satu caranya yaitu melakukan usaha jual- beli yang dalam pelaksanaanya berdasarkan hukum yang berlaku di masyarakat dan hukum agama yang telah diakui negara. Seperti halnya dalam pengamatan penyusun terhadap sejumlah praktik jual beli aksesoris Handphone imitasi yang terjadi di seputaran jalan Monumen Jogja Kembali (Monjali) Yogyakarta, terdapat beberapa pemilik toko penjual aksesoris yang mengambil keuntungan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dengan menjual produk aksesoris Handphone imitasi dengan cara memanfaatkan ketidaktahuan dari si pembeli terhadap kualitas barang tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis dan berlokasi di jalan Monumen Jogja Kembali (Monjali) Yogyakarta. Dalam pembahasan skripsi ini, penyusun menggunakan pendekatan Normatif dan Sosiologi Hukum Islam yakni dengan cara menganalisanya, bagaimana “Praktik Jual Beli aksesoris Handphone Imitasi studi kasus di Toko Jl. Monjali Yogyakarta”. Dalam penelitian ini menggunakan sampel 3 toko dan 20 pembeli. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang melatarbelakangi praktik jual beli yang sudah jelas dilarang oleh undang-undang maupun hukum Islam yang masih berlangsung di daerah tersebut. Analisa data yaitu suatu metode yang digunakan terhadap suatu data yang terkumpul kemudian disusun, dijelaskan kemudian dianalisis. Hasil dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwasannya praktik berlangsung karena adanya faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor SDM, faktor ekonomi, dan faktor sosial. Praktik jual beli aksesoris Handphone imitasi yang dilakukan oleh sebagaian para pemilik toko yang menjual produk tersebut merupakan salah satu praktik perdagangan yang tidak dibenarkan dalam kaidah hukum Islam, karena hal tersebut terdapat unsur ketidakjelasan dan penipuan (garar). Hal tersebut juga dilarang oleh Undang-undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta bahwa praktik tersebut dapat merugikan dari pihak-pihak penjual dan pembeli dan itu merupakan praktik yang dilarang. Oleh karena itu praktik tersebut dapat di kategorikan sebagai „urf fasid atau adat kebiasaan masyarakat yang bertentangan dengan syara‟. Dikatakan sebagai „urf fasid karena praktik jual beli tersebut menjadikan unsur ketidakjelasan dan penipuan (garar) sebagai hal yang biasa, sehingga menjadi kebiasaan bagi mereka untuk melaksanakan praktik jual beli di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, aksesoris Handphone Imitasi,‟Urf, Sosiologi Hukum Islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2016 15:05
Last Modified: 20 Apr 2016 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum