IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN SOSIAL TERHADAP ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

LUTFI NALA KUSUMA, NIM. 12540073 (2016) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN SOSIAL TERHADAP ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN SOSIAL TERHADAP ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
12540073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN SOSIAL TERHADAP ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
12540073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

Judul skripsi yang penyusun angkat yaitu Implementasi Perlindungan Sosial Terhadap Anak Jalanan di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Sewon, Bantul, Yogyakarta. Judul tersebut sekiranya sangat penting untuk diteliti mengingat dewasa ini semakin banyak anak-anak yang bekerja di jalanan untuk mencari nafkah seperti mengamen, menjual makanan serta minuman, dan mengelap motor maupun mobil. Hal tersebut tanpa disadari telah masuk kedalam ekploitasi terhadap anak. Sedangkan tujuan dari judul tersebut yaitu untuk mengetahui penerapan perlindungan sosial yang dilakukan Rumah perlindungan Sosial (RPS) Sewon, Bantul, Yogyakarta untuk anak jalanan serta hambatan yang dihadapi Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Sewon, Bantul, Yogyakarta dalam memberikan perlindungan untuk anak jalanan. Sedangkan teori yang penyusun gunakan yaitu teori organisasi sosial dari Koentjaraningrat. Di dalam teori tersebut dijelaskan bahwa di dalam suatu organisasi harus terdapat sikap saling kerjasama antar anggota untuk mendampingi dan mengasuh anak jalanan, selain itu suatu organisasi atau lembaga masyarakat harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat begitu pula Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di Sewon, Bantul, Yogyakarta yang juga harus mampu memenuhi segala kebutuhan anak jalanan. Selain itu suatu organisasi juga harus mampu mangatur sikap dan perilaku masyarakat agar sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Jenis penelitian yang penyusun gunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu dengan memperoleh data dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Subyek wawancara diperoleh dari wawancara yang dilakukan secara intens dengan penanggung jawab kegiatan sosial anak, psikiater anak jalanan di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Sewon, Bantul, yogyakarta serta anak jalanan di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Sewon, bantul, yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif. Dengan penelitian ini, penyusun dapat mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi Rumah Perlindungan Sosial (RPS) dalam memberikan perlindungan sosial anak jalanan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwasanya keberadaan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) telah memberi pengaruh positif bagi anak-anak jalanan. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai bidang perlindungan untuk melindungi anak jalanan seperti bidang sosial, pendidikan, hukum, dan kesehatan. Selain itu Rumah Perlindungan Sosial (RPS) juga telah memenuhi kebutuhan dasar anak jalanan seperti sandang, papan, dan pangan. Atas hal tersebut maka tujuan dari didirikannya Rumah Perlindungan Sosial (RPS) bagi anak-anak jalanan mencapai pada tujuannya, yaitu untuk melindungi serta memenuhi hakhak anak jalanan dan membentuk kembali sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat serta menyiapkan masa depan anak jalanan sehingga menjadi masyarakat yang produktif. Kata kunci: Implementasi, Perlindungan, Anak Jalanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nuruss’adah, S.Psi., M.Psi
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Perlindungan, Anak Jalanan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum