ANALISIS MANAJEMEN SEKOLAH SDN LOWUNGU KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM TINJAUAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)

RIKA ERLIYANA, NIM. 10470017 (2016) ANALISIS MANAJEMEN SEKOLAH SDN LOWUNGU KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM TINJAUAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MANAJEMEN SEKOLAH SDN LOWUNGU KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM TINJAUAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM))
10470017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN SEKOLAH SDN LOWUNGU KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM TINJAUAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM))
10470017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rika Erliyana. Analisis Manajemen Sekolah SDN Lowungu Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung dalam Tinjauan Total Quality Management (TQM) : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui manajemen SDN Lowungu dalam tinjauan total quality management dan usaha peningkatan mutu di sekolah tersebut. Manajemen yang dimaksud dalam penelitian ini difokuskan pada manajemen pendidik dan kurikulum, hal ini dikarenakan pendidik dan kurikulum merupakan faktor kunci penentu keberhasilan dalam proses belajar-mengajar dan pengembangan kuriklum sesuai kebutuhan masyarakat. Sedangkan dalam tinjauan total quality management yang dimaksud adalah bagaimana SDN Lowungu tersebut menerapkan prinsip-prinsip dasar total quality management yakni program yang berkesinambungan, sumber daya manusia melangkah dengan benar sejak awal, adanya dorongan, pengakuan dan penghargaan atas prestasi, adanya inovasi-inovasi, kerjasama tim dan kepuasan pelanggan. Sedangkan karakteristiknya kegiatannya bersikap proaktif, anggotanya lebih tekun bekerja, pemimpinnya mendorong karyawan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kecakapan supaya mutakhir dan relevan dengan tugas dan perencanaannya terpadu, pelaksanaannya dan pengenadaliannya terdesentralisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk diskriptif analitik, bertempat di SDN Lowungu, dengan pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu dan dilanjutkan kepada informan lain yang lebih mengetahui tentang obyek penelitian berdasarkan rekomendasi informan sebelumnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles and Haberman dengan tahapan data reduction, data display dan conclusion drawing/ferification, sehingga analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen SDN Lowungu sudah menerapkan beberapa prinsip dalam total quality management. Pada manajemen pendidik, kepala sekolah menekankan pada prinsip melangkah dengan benar sejak awal melalui memberikan arahan dan penjelasan tugas dengan jelas dan terus melakukan pembinaan baik dalam rapat koordinasi maupun pada program supervisi, memberikan dorongan, pengakuan dan penghargaan atas prestasi guru. Sedangkan pada manajemen kurikulum sekolah memiliki program yang berkesinambungan antara program intra dan ekstrakulikuler dan adanya inovasi atau program-program baru diantaranya adalah Calistung, Seni Tari, Folksong, Kultum, Baca Tulis Al Quran, Tartil Qur’an, Mocopat Islami, dan Rebana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Total Quality Managemet, Pendidik dan Kurikulum.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Apr 2016 11:28
Last Modified: 21 Apr 2016 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum