MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

USWATUN HASANAH, NIM. 11470067 (2015) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
11470067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
11470067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran jasa pendidikan di SMA Muhmmadiyah 2 Yogyakarta. Untuk mengetahui penerapan prinsip AIDA+S, dan untuk mengetahui apa saja faktor yang memenuhi kepuasan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan/ kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka humas, orang tua/ wali peserta didik dan peserta didik. Metode anslisis data menggunakan metode tringulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta menerapkan unsur Marketing Mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (SDM), Physical Evidence (bukti fisik), Process (proses). Secara umum SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sudah menerapkan unsur marketing mix dengan baik, ini dibuktikan dengan tingkat kepuasan peserta didik mengenai fasilitas dan pelayanan yang diberikan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebesar 56%. Hambatan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran untuk berkerjasama antara pendidik dan orang tua. Kepuasan dapat dilihat dari prinsip AIDA+S yang pertama muncul ketertarikan, lalu mendaftarkan diri, mengikuti tes, mengikuti pembelajaran, lulus dengan nilai yang memuaskan. Siswa yang puas akan menciptakan sifat loyalitas terhadap sekolah dan akan terus melakukan pembelian ulang. Kepuasan juga dapat dilihat dari output yang dikeluarkan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang lulus 100% selama 2 tahun berturut-turut, dan dari 100% peserta didik yang lulus, 92% melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M. Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bauran Pemasaran, Kepuasan Siswa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Apr 2016 15:38
Last Modified: 21 Apr 2016 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum