PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI BLANGKON DENGAN SEASONAL AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVAREGE (SARIMA). (STUDI KASUS PADA CV OMAH BLANGKON)

HERMAWAN SUPRIYANTO, NIM. 10660005 (2016) PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI BLANGKON DENGAN SEASONAL AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVAREGE (SARIMA). (STUDI KASUS PADA CV OMAH BLANGKON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI BLANGKON DENGAN SEASONAL AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVAREGE (SARIMA). (STUDI KASUS PADA CV OMAH BLANGKON))
10660005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI BLANGKON DENGAN SEASONAL AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVAREGE (SARIMA). (STUDI KASUS PADA CV OMAH BLANGKON))
10660005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Analisis dat runtun waktu musiman bertujuan untuk memprediksi data runtun waktu yang mempunyai pola musiman pada beberapa periode ke depan berdasarkan data dimasa lalu. Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memprediksi prosentase jumlah produksi blangkon dengan permintaan yang tidak menentu dengan model SARIMA. Data yang digunakan adalah data 1tahun produksi tahun 2013. Peneltian ini membahas tentang langkah-langkah analisis data runtun waktu musiman dengan model SARIMA yang menggunakan pendeketan metode Box-jenkins, metode ini terdiri dari beberapa tahap yaitu identifikasi, estimasi, parameter, pemeriksaan diagnostik dan peramalan. Tahap identifikasi model dilakukan dengan pengidentifikasian model yang dianggap paling sesuai dengan melihat plot AC dan PACF dai correlogram. Dan setelah model dipilih dan sesuai maka langkah selanjutnya menggunakan model peramalan. Dari hasil pengujian didapat model SARIMA (seasonal autoregressive intergrated moving average) yang menghasilkan akurasi tingkat kesalahan yang lebih akurat adalam model sarima ((1,1,0)(0,1,1)) dan dari model tersebut didapat akurasi tingkat kesalahan sebesar 0.0244 dan dari model tersebut didapat akurasi tingkat kesalahan dengan prediksi dan akurasi yang tepat. Hal ini terbukti pada data ramalan damn presentase jumlah produksi blangkondi Omah Blangkon Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syaeful ari’f, M.T
Uncontrolled Keywords: time series, forecasting, SARIMA. Season time series. MAPE
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2016 09:57
Last Modified: 22 Apr 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum