PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH PHAKDEE WITHYA THAILAND SELATAN

MR BUNYAMEE HAYEEHAMA, NIM. 11470071 (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH PHAKDEE WITHYA THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH PHAKDEE WITHYA THAILAND SELATAN)
11470071_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH PHAKDEE WITHYA THAILAND SELATAN)
11470071_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah phakdee withya. Fokus penelitian ini diantaranya: pertama, bagaimanakah peran kepala sekolah menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Kedua, faktor apa saja yang mempengaruhi pengawasan kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah phakdee withya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang tentang sekolah dan supervisor. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yakni reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Peran kepala sekolah menjalankan tugasnya sebagai supervisor di Sekolah Phakdee Withya masih tergolong rendah atau kurang maksimal. Kurangnya pengawasan kepala sekolah dikarenakan melihat bakat dan kreatifitas guru-guru masih belum terpenuhidalam melaksanakan kegiatannya, dan kurangnya nilai kesadaran dan keterampilan yang dimiliki oleh guru, dan kesibukan atau kurangnya waktu yang dimiliki kepala sekolah untuk melakukan pengawasan. Kedua, faktor penghambat pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Phakdee Withya adalah: (1) Kemampuan sekolah untuk menggaji guru-guru, (2) Kurangnya kualitas didikan siswa, (3) Kurangnya kemampuan guru untuk mendidik siswa untuk menjadi siswa yang berkualitas. dan faktor pendukung pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Phakdee Withya adalah kepala sekolah menghadiahkan kado-kado setiap tahun dan kepala sekolah mengasih oleh-oleh setiap kali kepala sekolah keluar kota atau keluar negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.SI,
Uncontrolled Keywords: Peran kepala sekolah, Supervisor, Kinerja guru.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 13:29
Last Modified: 22 Apr 2016 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20389

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum