SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PIRI I YOGYAKARTA

HIMMATUL FAIZAH, NIM. 11470126 (2016) SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PIRI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PIRI I YOGYAKARTA)
11470126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PIRI I YOGYAKARTA)
11470126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi siswa mengenai kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA PIRI I Yogyakarta dan korelasinya pada hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kinerja guru diukur dari tiga variabel yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sementara itu, hasil belajar siswa didapatkan dari nilai raport mata pelajaran PAI semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model analisa korelasional. Seluruh populasi yang berjumlah 86 siswa dari kelas X dan XI disebari angket untuk menganalisa apakah kinerja guru PAI itu berkontribusi pada meningkatnya hasil belajar PAI di kalangan siswa. Hasil dari angket kemudian diinput ke dalam aplikasi SPSS dan diolah serta dianalisa untuk mendapatkan koefisien korelasi dan regresi antara variabel independen dalam hal ini kinerja guru PAI dan variabel dependen dalam hal ini hasil belajar siswa mata pelajaran PAI. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa variabel perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI berpengaruh positif sekalipun rendah pada hasil belajar PAI siswa karena angka signifikan hitung sebesar 0.032 < α 0.05 pada tingkat kepercayaan 95% dan angka koefisien korelasi sebesar 0.231. Sementara pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI berpengaruh positif sekalipun rendah pada hasil belajar PAI siswa karena angka signifikan hitung sebesar 0.033 < α 0.05 pada tingkat kepercayaan 95% dan angka koefisien korelasi sebesar 0.231 dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI berpengaruh positif sekalipun rendah pada hasil belajar PAI siswa karena angka signifikan hitung sebesar 0.005 < dari α 0.05 pada tingkat kepercayaan 95% dan angka koefisien korelasi sebesar 0.298. Hasil analisa regresi menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 1.6 poin ketika dipersepsikan siswa tidak efektif dan 2.5 poin ketika dipersepsikan siswa efektif. Dengan ini, keefektifan perencanaan pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 1.5%. Sementara pelaksanaan pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0.9 poin ketika dipersepsikan siswa tidak efektif dan 1.02 poin ketika dipersepsikan siswa efektif. Dengan ini, keefektifan pelaksanaan pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 1.1% dan evaluasi pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0.9 poin ketika dipersepsikan siswa tidak efektif dan 1.0 poin ketika dipersepsikan siswa efektif. Dengan kata lain, keefektifan evaluasi pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar PAI siswa sebesar 1.2%. Ketiga variabel independen tersebut ternyata berpengaruh secara linier terhadap variabel dependen didasarkan pada uji korelasi parsial dimana variabel kontrol berupa kompetensi guru tidak signifikan mempengaruhi hubungan antar variabel independen dan variabel dependen (angka signifikan hitung sebesar 0.838 untuk X1, 0.179 untuk X2 dan 0.109 untuk X3 lebih besar dari α 0.05 pada tingkat kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S. Ag. MA.,
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Hasil Belajar PAI.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 13:49
Last Modified: 22 Apr 2016 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum