KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG

MUHAMMAD HILMANSYAH, NIM. 11470130 (2015) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG)
11470130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HASAN LANGGULUNG)
11470130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa pendidikan Islam sekarang telah kehilangan hakikat dan identitasnya terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum bisa mencerminkan nilai Islam terhadap dekrarasi moral anak bangsa. Hal menunjukan bahwa pendidikan Islam perlu pembenahan kembali. Sehingga penelitian ini mengangkat gagasan Hasan Langgulung yang merupakan seorang pakar dan ilmuan yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam bidang pendidikan dan psikologi, Hal ini terbukti dengan banyaknya karya yang beliau hasilkan. Dari gagasan tersebut yang akan dikaji ialah: (1) mengenai tujuan pendidikan, fungsi filsafat dalam pendidikan, nilai-nilai pendidikan, serta kurikulum pendidikan; (2) menjelaskan peran pendidik yang ideal menurut Hasan Langgulung. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode Content analisis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tujuan pendidikan Islam dan peran pendidik menurut Hasan Langgulung ialah suatu tujuan yang menitik beratkan sebagai amanah dan ibadah, hal ini dimaksudkan sesuai dengan tujuan hidup manusia. Filsafat dalam pendidikan dibutuhkan Agar tidak adanya pendikotomian terhadap kandungan kurikulum, yang merupak rancangan aktivitas terhadap proses pendidikan dalam menggapai tujuan yang dikaji dari ayat-ayat Tuhan baik dalam Qur’an dan Hadis secara teks maupun pada alam jagat dan manusia pada penciptanya. Kemudian mengenai pembahasan nilai-nilai dalam pendidikan Islam ialah suatu hal yang harus diwariskan dalam dunia pendidikan Islam. tanpa adanya nilai-nilai maka keutuhan dan kesatuan suatu masyarakat tidak akan terpelihara yang akhirnya berakhir dengan kehancuran dalam masyarakat tersebut. Adapun sumber-sumber nilai yang patut dilihat bagi pendidikan Islam dalam menjaga nilai-nilai pada generasi muda yaitu: Al-Qur’an dan Sunnah, Qiyas, kemaslahatan umum, Ijma’. Selain itu dalam membahas kurikulum sebagi alat menuju tujuan pendidikan, ada beberapa kompenen yang terdapat dalam kurikulum, yaitu: pertama, tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh pendidikan, Kedua, pengetahuan, informasi-informasi, data-data, aktivitas-aktivitas dan pengalaman-pengalaman dari mana terbentuk kurikulum itu, Ketiga, metode atau cara-cara mengajar yang dipakai oleh guru-guru untuk mengajar dan mendorong murid-murid belajar dan membawa mereka kearah yang dikehendaki oleh kurikulum. (2) Pendidik sebagai orang yang berperan dalam proses pendidikan untuk menggapai tujuan, baik untuk pewarisan budaya maupun pengembangan potensi-potensi peserta didik haruslah dimulai dari setiap individu para guru dalam mengembangkan kemampunya baik secara intelektual, moral dan spiritual. xiv Ada tiga aspek pokok yang berkaitan seorang pendidik berdedikasi yang penuh kesadaran tentang tanggung jawab sebagai seorang Muslim yang mendidik: Pertama, kaitan sifat-sifat dan kepentingan metode dengan tujuan utama pendidikan Islam untuk membina karakter sesuai dengan fitrah manusia yang baik. Kedua, metode-metode yang digunakan oleh para guru dalam mengajar tidaklah menentang dengan fitrah manusia salah satunya dengan mengajar dengan sikap lemah lembut. ketiga, mengenai bagaimana guru menggalakkan murid-muridnya belajar nerima ganjaran dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H Abdul Munir Mulkhan, S.U
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Islam, Hasan Langgulung
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 14:16
Last Modified: 22 Apr 2016 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum