ANALISA PENYEBAB PENGGUNAAN MODEL KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DAN XII MAK MAN WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

YUDHA ADI PRADANA, NIM. 11420034 (2016) ANALISA PENYEBAB PENGGUNAAN MODEL KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DAN XII MAK MAN WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA PENYEBAB PENGGUNAAN MODEL KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DAN XII MAK MAN WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (ANALISA PENYEBAB PENGGUNAAN MODEL KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DAN XII MAK MAN WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab dan menganalisa penyebab masih digunakannya model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI dan XII MAK di MAN Wates 1 Kulon Progo pada Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di MAN Wates 1 Kulon Progo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan kualitatif deduktif menggunakan teknik pengumpulan data, triangulasi data, dan reduksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah model pembelajaran konvensional masih digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI dan XII MAK MAN 1 Wates Kulon Progo. Pendekatan yang dilakukan bersifat techer centered. Hal tersebut dibuktikan dengan seringnya guru berceramah di kelas, sedangkan siswa sebagai pendengar yang pasif selama pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan juga kurang memberi kontribusi aktif bagi siswa di kelas, kurangnya penggunaan media sehingga pembelajaran monoton. Adapun hasil analisa penulis, bahwa penyebab masih digunakannya model pembelajaran konvensional di MAN Wates 1 Kulon Progo, antara lain: (1) tujuan pembelajaran bahasa Arab menuntut pada penguasaan materi, (2) motivasi belajar bahasa Arab kurang, (3) kurangnya variasi model belajar, (4) kurangnya pengembangan metode pengajaran, (5) pemanfaatan media pembelajaran kurang, (6) media pembelajaran tidak memadai, dan (7)padatnya tugas guru diluar jam mengajar. Adapun hasil analisa terhadap faktor-faktor penyebab tersebut, diantaranya: (1) tujuan pembelajaran bahasa Arab khusus menuntut pada empat keterampilan bahasa, (2) kurangnya motivasi membuat siswa merasa kesulitan dan jenuh belajar bahasa Arab, (3) pengembangan dan variasi model atau meode menjadikan pembelajaran tidak monoton, (4) pengelolaan, penambahan dan pemanfaatan media pembelajaran mampu menunjang tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab, dan (5) penambahan SDM akan membantu meringankan kinerja guru, khususnya bidang kurikulum. Kata kunci: Analisa, Model Konvensional, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD JA'FAR SHODIQ, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Analisa, Model Konvensional, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jun 2016 09:27
Last Modified: 07 Jun 2016 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum