PEMIKIRAN A. CHAEDAR ALWASILAH TENTANG PENDEKATAN LITERASI (GENRE-BASED APPROACH) DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

FATIMAH AZZAHRA MUTMAINNAH, NIM. 12420007 (2016) PEMIKIRAN A. CHAEDAR ALWASILAH TENTANG PENDEKATAN LITERASI (GENRE-BASED APPROACH) DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN A. CHAEDAR ALWASILAH TENTANG PENDEKATAN LITERASI (GENRE-BASED APPROACH) DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
12420007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN A. CHAEDAR ALWASILAH TENTANG PENDEKATAN LITERASI (GENRE-BASED APPROACH) DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
12420007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fatimah Azzahra Mutmainah, “Pemikiran A. Chaedar Alwasilah tentang Pendekatan Literasi (Genre-Based Approach) dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab”, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran A. Chaedar Alwasilah tentang pendekatan literasi (Genre-Based Approach) dan relevansi pemikiran tersebut dengan pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memperluas pengetahuan kita tentang pemikiran tokoh yang cukup banyak menulis tentang pendidikan bahasa, yaitu A. Chaedar Alwasilah dan menambah referensi kepustakaan, khususnya tentang pembelajaran bahasa Arab dilihat dari perspektif A. Chaedar Alwasilah tentang pendekatan literasi. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang memiliki dua tujuan utama; menggambarkan dan mengungkap serta mengambarkan dan menjelaskan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa A. Chaedar Alwasilah mempunyai banyak kontribusi pemikiran ihwal literasi, seperti definisi literasi, frase kunci literasi, dimensi literasi, prinsip literasi , rapor merah literasi anak negeri, paradigma pembelajaran literasi , implementasi, literasi madani, tingkatan literasi dan literasi kritis. Relevansi literasi dengan pembelajaran bahasa Arab yang dibahas pada skripsi ini adalah literasi dalam arti sempit (berkaitan dengan pembelajaran bahasa). Teori tentang metodologi pembelajaran bahasa yang dikemukakan ahli selama ini kebanyakan berlaku bagi semua pembelajaran bahasa. Pendekatan literasi (genre-based approach) yang dibahas pada skripsi ini juga akan berasumsi sama dengan bahasa Arab, walaupun yang dibahas dalam sudut pandang dosen bahasa Inggris. Dari beberapa pendapat A. Chaedar Alwasilah tentang literasi, penulis menemukan pendapat yang kurang tepat apabila diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Meninjak lanjuti pendapat Wells tentang tingkatan literasi, A. Chaedar Alwasilah berpendapat bahwa hal itu bisa disejajarkan dengan tingkat pendidikan formal, yakni mengajarkan literasi tingkat performatif untuk SD, tingkat fungsional untuk SMP, tingkat informasional untuk SMA, dan tingkat epistemik untuk universitas. Namun, hal ini kurang sesuai bagi pendidikan bahasa Arab karena tidak semua siswa pada suatu jenjang pendidikan, pernah mempelajari bahasa Arab pada tingkat pendidikan sebelumnya. Kata Kunci: A. Chaedar Alwasilah, Pendekatan Literasi, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: A. Chaedar Alwasilah, Pendekatan Literasi, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:32
Last Modified: 01 Jun 2016 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20406

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum