ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII G MTSN PIYUNGAN BANTUL

NENIN ARUM SARI R., NIM. 11420071 (2016) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII G MTSN PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII G MTSN PIYUNGAN BANTUL)
11420071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII G MTSN PIYUNGAN BANTUL)
11420071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (977kB)

Abstract

Nenin Arum Sari Rahayu (11420071). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII G MTsN Piyungan Bantul. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca tekt berbahasa Arab siswa dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahanmembaca teks berbahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilakukan di MTsN Piyungan Bantul. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan membaca teks berbahasa Arab ada tiga, yaitu perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem. Faktor penyebab kesalahan membaca teks berbahasa Arab adalah karakteristik bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, bahasa Arab merupakan pelajaran baru bagi siswa, kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas VIII G MTsN Piyungan adalah Meningkatkan intensitas pendampingan baca tulis Arab bagi siswa MTsN Piyungan Bantul, guru melakukan sharing dengan forum MGMP yang memiliki permasalahan serupa, guru memotivasi siswa agar bersemangat dalam pembelajaran bahasa Arab. Kata Kunci: Kesalahan Fonologi, Membaca, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Fonologi, Membaca, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 May 2016 15:46
Last Modified: 31 May 2016 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum