IMPLIKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

KAMROLAH, NIM. 11520039 (2015) IMPLIKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
11520039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
11520039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (943kB)

Abstract

Pada zaman moderen ini, banyak sekali percampuran budaya yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan sosial baik dalam lokal, nasional, atau pun dalam internasional. Bahkan arus moderenisasi ini seakan tidak dapat dibendung dalam kehidupan sosial saat ini. Arus moderenisasi ini berdampak pada aspek budaya, tetapi juga berdampak pada aspek kehidupan baik di bidang pendidikan, keilmuan, keagamaan, dan bahkan telah merasuk pada bidang kehidupan seharihari seperti perilaku keagamaan santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Pesantren adalah sebuah asrama pendidikan Islam tradisional di mana para santrinya tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan seseorang guru yang dikenal dengan sebutan kyai. Dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan terhadap perilaku keagamaan santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta yang telah memanfaatakan teknologi informasi komunikasi di pondok pesantren. Obyek dari penelitian ini berada dalam dua polah kehidupan dunia pesantren dan dunia pertengahan perkotaan. Penulis mencoba untuk mengetahui bagaimana peran teknologi informasi komunikasi dalam pembelajaran keagamaan Santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Dan bagaimana implikasi teknologi informasi komunikasi terhadap perilaku keagamaan Santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data lapangan yang ada di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, yang di dalamnya meliputi ustad dan Santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, serta sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi serta beberapa data berupa buku-buku yang berkaitan dengan teknologi informasi komunikasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori media pengajaran milik Nanang Sudjana dan Ahmad Rifa’i yang mengkhususkan kajian terhadap peranan TIK dalam pembelajaran serta teori perubahan sosial milik Nanang Martono. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran TIK dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. TIK dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar, bahan pengajaran yang ditampilkan secara unik dan kreatif dapat lebih mudah dipahami oleh para santri, serta metode pengajaran yang variatif. Bentuk perubahan sosial keagamaan secara makro dan mikro terbukti dengan jelas ferubahan perilaku keagamaan santri Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta ada pergeseran dalam semangat beribadah shalat sunnah walaupun pihak alumni sekolah menganjurkan untuk menunaikan ibadah shalat sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: teknologi informasi, perilaku keagamaan santri, Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2016 10:06
Last Modified: 25 Apr 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum