KONSEP KESELAMATAN DALAM PANDANGAN SAKSI-SAKSI YEHUWA (STUDI KOMPARATIF TERHADAP AJARAN SAKSI-SAKSI YEHUWA DENGAN KRISTEN MAINSTREAM)

FATHUL MUJAB, NIM. 11520046 (2015) KONSEP KESELAMATAN DALAM PANDANGAN SAKSI-SAKSI YEHUWA (STUDI KOMPARATIF TERHADAP AJARAN SAKSI-SAKSI YEHUWA DENGAN KRISTEN MAINSTREAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KESELAMATAN DALAM PANDANGAN SAKSI-SAKSI YEHUWA (STUDI KOMPARATIF TERHADAP AJARAN SAKSI-SAKSI YEHUWA DENGAN KRISTEN MAINSTREAM))
11520046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KESELAMATAN DALAM PANDANGAN SAKSI-SAKSI YEHUWA (STUDI KOMPARATIF TERHADAP AJARAN SAKSI-SAKSI YEHUWA DENGAN KRISTEN MAINSTREAM))
11520046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep keselamatan dalam perspektif Saksi-Saksi Yehuwa. Saksi-Saksi Yehuwa dikenal oleh seluruh dunia dikarenakan sikap kegigihannya dalam mengungkapkan tentang kesaksiannya terhadap Allah Yehuwa dan Kerajaan-Nya kepada seluruh umat manusia. Walaupun dalam praktek menyuarakan iman tersebut, mereka dihadang oleh segala bentuk tekanan, tentangan, dan bahkan kematian. Berbagai tekanan justru keluar dari otoritas Kekristenan sendiri, karena Saksi-Saksi Yehuwa dianggap bertolak belakang dengan ajaran Kristen mainstream. Salah satu bagian atau ajaran yang dianggap menyimpang adalah mengenai konsep keselamatan dalam Saksi-Saksi Yehuwa. Saksi-Saksi Yehuwa percaya bahwa setiap manusia tidak bisa terhindar dari kematian, karena penyebab kematian adalah dosa yang diwarisi sejak lahir ke dunia. Jadi, Saksi-Saksi Yehuwa percaya bahwa tujuan manusia hidup di dunia adalah mendapatkan keselamatan yang berupa terbebasnya manusia dari sebuah dosa yang berupa kematian. Hal tersebut yang menjadi salah satu faktor penulis untuk meneliti konsep keselamatan dalam Saksi- Saksi Yehuwa, terutama dalam perspektif Saksi-Saksi Yehuwa yang berada di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan sumber data lapangan Saksi-Saksi Yehuwa di Yogyakarta, yang di dalamnya meliputi Penetua dan anggota Saksi-Saksi Yehuwa, serta sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi serta beberapa data berupa buku-buku yang berkaitan dengan konsep keselamatan Saksi-Saksi Yehuwa. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan konsep Teologi dalam Kristen mainstream. Hasil penelitian menunjukkan keselamatan merupakan tujuan utama hidup di dunia bagi para Saksi. Keselamatan dalam bahasa Inggris biasa disebut salvation dari kata salvus artinya keadaan selamat. Adapun keselamatan dalam teologi Saksi-Saksi Yehuwa merupakan anugerah Yehuwa yang semua manusia sebenarnya mendapatkan haknya untuk selamat (terbebas dari dosa dan kematian) dengan catatan mereka harus menaati segala yang diperintahkan oleh Yehuwa dan Kristus. Tujuannya adalah agar umat pemeluk agama mendapat keselamatan di bumi berupa kekekalan hidup di bumi firdaus. Adapun perkembangan ajaran keselamatan dalam agama Saksi-Saksi Yehuwa berbeda dengan konsep keselamatan dalam Kristen mainstream, Kristen Mainstream menitik beratkan pada otoritas yang dapat menyelamatkan manusia dipegang penuh oleh Yesus Kristus dengan segala konsekuensinya. Sedangkan Saksi Yehuwa percaya bahwa otoritas penyelamat bagi manusia bukan hanya Yesus Kristus saja akan tetapi juga dari Kehendak Yehuwa. Selain itu Kristen mainstream tetap percaya dengan adanya surga dan neraka sebagai kelanjutan kehidupan manusia di akhirat. Sedangkan Saksi-Saksi Yehuwa secara teologis tidak mengajarkan adanya konsep surga dan neraka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: konsep keselamatan, saksi-saksi yehuwa, kristen mainstream
Uncontrolled Keywords: konsep keselamatan, saksi-saksi yehuwa, kristen mainstream
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2016 10:19
Last Modified: 25 Apr 2016 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum