ANALISIS KONTRASTIF KEINDAHAN MAKNA DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGAH (Suatu Komparasi dengan Teori Sastra Indonesia)

AHMAD RIDLO SHOHIBUL ULUM, NIM. 12420019 (2016) ANALISIS KONTRASTIF KEINDAHAN MAKNA DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGAH (Suatu Komparasi dengan Teori Sastra Indonesia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRASTIF KEINDAHAN MAKNA DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGAH (Suatu Komparasi dengan Teori Sastra Indonesia))
12420019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRASTIF KEINDAHAN MAKNA DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGAH (Suatu Komparasi dengan Teori Sastra Indonesia))
12420019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Ridlo Shohibul Ulum. Keindahan Makna dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bala>gah. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keindahan makna dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia, persamaan dan perbedaan diantara kedua keindahan makna tersebut serta implikasinya terhadap pembelajaran bala>gah dengan menggunakan analisis kontrastif sebagai sarana untuk memprediksi kesalahan atau kesulitan yang akan dihadapi oleh para pelaku pembelajaran. Dengan penelitian diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran bahasa Arab khusunya bala>gah. Penelitian ini merupakan sebuah analisis kesalahan berbahasa yang menggunakan analisis kontrastif dengan menggunakan beberapa langkah, yaitu mendeskripsikan keindahan makna dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia dari segi makna, jenis, dan kaidah yang mengatur keduanya, memprediksi kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi peserta didik yang kemudian disusul dengan menawarkan solusi-solusi yang kiranya dapat mengatasi kesulitan tersebut. Penulis menyimpulkan bahwa keindahan makna (al-muh}assina>t al-ma’nawiyyah) ataupun keindahan makna (gaya bahasa) keduanya merupakan bentuk yang berkaitan dengan aspek-aspek keindahan (estetis) yang terkandung dalam karya sastra. Dan pada keduanya itu suatu keindahan akan dicapai yaitu dengan syarat susunan yang mengatur keduanya itu tidak dibuat-buat dan tidak dipaksakan. Apabila dipaksakan, justru akan mengikat dan mengekang maknanya, dan kalimatnya tidak lagi indah dan lembut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah jenis atau bentuk keindahan makna dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia sangat berbeda. Jika keindahan makna dalam bahasa Arab sekitar tiga puluh enam buah. Sedangkan keindahan makna yang terdapat dalam gaya bahasa Indonesia terdiri dari sembilan belas buah. Dari perbedaan ini diprediksi adanya kesulitan atau kesalahan dalam pembelajaran al-muhassina>t al-ma’nawiyyah. namun disamping itu, keduanya memiliki persamaan dari segi makna dan beberapa jenis keindahan makna yang terdapat pada kedua bahasa tersebut. Dilihat dari segi makna, baik keindahan makna dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia keduanya merupakan bentuk yang berkaitan dengan aspek-aspek keindahan yang terkandung dalam karya sastra. Sedangkan persamaan dari jenisnya ditemukan bahwa tauriyah = paronomasia, tibaq = antitesis, kiasmus dan oksimoron, muqabalah = antitesis dan oksimoron, istikhdam = paronomasia, jam’u = asindenton, taqsim = enumerasi. Adapun metode yang dapat digunakan dalam penyampaian materi al-muhassinat al-ma’nawiyyah yaitu metode kedwibahasaan dan imitasi. Implikasi analisis kontrastif terhadap pembelajaran balagah diantaranya: penggunaan bahasa ibu sebagai mediator, dan bahan pengajaran disusun berdasarkan hasil perbandingan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Makna dalam bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:38
Last Modified: 02 Jun 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum