PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI MTS AS-SA’DIYAH DESA MANDALA KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP

FAWAID MARSUKI, NIM. 09220065 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI MTS AS-SA’DIYAH DESA MANDALA KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI MTS AS-SA’DIYAH DESA MANDALA KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP)
09220065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI MTS AS-SA’DIYAH DESA MANDALA KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP)
09220065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum peran guru bimbingan dan konseling dalam membina perilaku asertif siswa terisolir di MTs As-Sa’diyah desa Mandala Kecamatan Rubaru Sumenep Madura,serta faktorfaktor yang mempengaruhinya, sabjek utamanya adalah 1 orang guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan siswa terisolir, sanjek pendukungnya adalah kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif, dan Penelitian ini bersifat Deskriptif dengan cara mengenterpretasikan data-data yang diperoleh dengan triagulasi yang memberi gambaran secara cermat mungkin mengenai suatu Individu,keadaan segala siswa. Riset ini merupakan studi lapangan yang fokus mempelajari Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam membina Perilaku Asertif Siswa Terisolir di MTs As-Sa’diyah desa mandala Kecamatan Rubaru Sumenep Madura, mengumpulkan data dilakukan dengan Observasi, Dokumentasi, Wawancara. Untuk mengetahui di balik permasalahan terkait dengan Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Perilaku Asertif Siswa Terisolir di MTs As-Sa’diyah Desa Mandala Kecamatan Rubaru Sumenep Madura, Maka diperlukan sebuah Teori untuk menjawab tujuan pola sikap siswa yang cenderung Asertif dan tidak percaya diri. Oleh sebab itu, Penulis menggunakan kerangka teori yang meliputi 1) Tinjauan tentang peran Guru Bimbingan dan Konseling, 2) Tinjawan membina perilaku asertif, 3) Tinjauwan tentang siswa terisolir, dan 4) Pandangan Islam terhadap peran Guru BK dalam membina perilaku asertif siswa terisolir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru BK dalam membina perilaku asertif siswa terisolir di MTs As-Sa’diyah yaitu, membimbing dengan cara memberi layanan baik bimbingan individual maupun bimbingan kelompok dalam bentuk klasikal; memfasilitasi semua siswa demi mendukung perkembangan potensi diri dalam belajar sehingga bisa meraih prestasi dan dapat menunjang karir siswa; mendampingi dan memotivasi siswa dalam meningkatkan perkembangan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag,M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Perilaku Asertif Siswa Terisolir
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2016 13:19
Last Modified: 25 Apr 2016 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum