DAMPAK HAMIL DI LUAR NIKAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK UP DAN BAPAK AD DI DESA BUDEGAN, WONOSARI, GUNUNGKIDUL)

ROIKE YOSI MARANTIKA, NIM. 09220086 (2016) DAMPAK HAMIL DI LUAR NIKAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK UP DAN BAPAK AD DI DESA BUDEGAN, WONOSARI, GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK HAMIL DI LUAR NIKAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK UP DAN BAPAK AD DI DESA BUDEGAN, WONOSARI, GUNUNGKIDUL))
09220086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK HAMIL DI LUAR NIKAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK UP DAN BAPAK AD DI DESA BUDEGAN, WONOSARI, GUNUNGKIDUL))
09220086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Melihat pentingnya permasalahan hamil di luar nikah serta dampak bagi keluarga, mengenai kondisi keluarga pra nikah serta upaya-upaya yang dilakukan dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Serta ingin mengetahui faktor – faktor yang melatar belakangi menyebabkan hamil di luar nikah dari keluarga Bapak UP dan Bapak Ad. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu untuk mengetahui serta menjelaskan dampak hamil di luar nikah terhadap keharmonisan rumah tangga dan untuk menjelaskan faktor penyebab hamil di luar nikah pada keluarga Bapak Up dan Bapak Ad. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian dipilih menggunakan nonprobability sampling dengan model purposive sampling. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan metode diskriptif kualitatif yaitu dari langkah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak yang diterima subjek akibat kehamilan di luar nikah dapat dibedakan menjadi dua aspek yaitu pertama dampak secara sosial seperti dikucilkan dan dianggap remeh oleh lingkungan masyarakat, dianggap sebagai sampah di masyarakat karena perbuatannya yang hina. Yang kedua dampak secara psikologis, seperti terpuruknya mental rasa percaya diri di masyarakat, merasa malu, takut. Adapun faktor terjadinya kehamilan di luar nikah dari kedua pasangan keluarga subjek penelitian ini terjadi karena kondisi lingkungan yang kurang memperhatikan pergaulan remaja sehingga memberikan makna pembelajaran free sex subjek ketika usia remaja. Kedua adanya relasi bebas yang mampu mempengaruhi perilaku subjek. Sementara peranan orang tua menjadi alasan yang paling kuat dalam memicu munculnya pergaulan bebas subjek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Hamil di Luar Nikah, Keharmonisan, Keluarga.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2016 13:29
Last Modified: 25 Apr 2016 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum