EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-ISTIMĀ’ WA AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

KHAIRUMMIN ALFISYAHRIN, NIM. 12420062 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-ISTIMĀ’ WA AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-ISTIMĀ’ WA AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-ISTIMĀ’ WA AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Khairummin Alfisyahrin, “Efektivitas Pembelajaran Al-Istimā’ wa Al- Kalām di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Istimā’ wa Al-Kalām, efektivitas pembelajaran Al-Istimā’ wa Al-Kalām serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Al-Istimā’ wa Al-Kalāmdi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan subjek penelitian mahasiswa PBA angkatan 2014 diambil sampel sebanyak 43 mahasiswa dari 107 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa : 1) proses pembelajaran Al-Istimā’ wa Al-Kalām berjalan baik setiap pertemuannya, mahasiswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Tetapi, sebagian mahasiswa menganggap bahwa pembelajaran Al-Istimā’ wa Al-Kalām itu menegangkan. Mahasiswa merasakan kesulitan ketika dosen menggunakan bahasa Arab di kelas. Ketika proses pembelajaran, setiap dosen menggabungkan aspek istimā’ dan kalām. Ketika pembelajaran istimā’ mahasiswa mendengarkan rekaman, lagu, dan video berbahasa Arab. Sedangkan pembelajaran kalām mahasiswa mengucapkan kembali apa yang didengar, presentasi menggunakan bahasa Arab, dan bercerita menggunakan bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam pembalajaran Al- Istimā’ wa Al-Kalām adalah metode langsung. Materi pembelajaran diberikan dengan cara mendengarkan rekaman, mengerjakan latihan-latihan di buku Tadrībāt Fahm Al-Masmū’, video-video berbahasa Arab dan lagu-lagu berbahasa Arab. 2) efektivitas pembelajaran Al-Istimā’ wa Al-Kalām berada pada kategori cukup efektif sebesar 44.2%. efektivitas dilihat dari indikator-indikator efektivitas pembelajaran. 3) faktor pendukung, (3. a) tersedianya alat/ fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran seperti audio, LCD projector, dan kelas yang nyaman lengkap dengan alat pendingin udara (AC), (3. b) dosen-dosen yang ahli dalam bidang bahasa Arab, (3. c) sumber belajar buku Tadrībāt fahm al-Masmū’ yang mudah digunakan.dan faktor penghambat, (3. a) Tidak banyak mahasiswa yang baru mengenal dan belajar bahasa Arab, kecuali dalam batas-batas yang sempit. (3. b) mahasiswa memiliki kosa kata yang sedikit, (3. c) belum terciptanya bī´ah lugawiyah yang baik di jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang dapat mendukung pembelajaran kalām. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Al-Istimā’ wa Al-Kalām

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tulus Mustofa, Lc, MA.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Al-Istimā’ wa Al-Kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum