EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) STUDI KASUS DI MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYKARTA

NURLAELY ROHMAH, NIM. 12420076 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) STUDI KASUS DI MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) STUDI KASUS DI MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYKARTA)
12420076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) STUDI KASUS DI MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYKARTA)
12420076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurlaely Rohmah. Efektivitas Pembelajaran bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Studi Kasus di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas VII B MTs Negeri Ngemplak dan mengetahui sejauh mana efektivitas metode tersebut apabila diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII B MTs Negeri Ngemplak. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dan mengambil subjek di MTs Negeri Ngemplak. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs Negeri Ngemplak dilaksanakan dalam kelompok-kelompok belajar yang melibatkan siswa (learning community), memfasilitasi siswa dalam kegiatan penemuan (inquiry), mengembangkan sifat keingintahuan (questioning) kepada siswa untuk mendorong, membimbing dan memahami kemampuan berpikir siswa. Melakukan upaya refleksi (reflection) tentang apa yang sudah dipelajari. Kemajuan dinilai dari proses,bukan melulu hasil. Kedua, hasil dari penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Ngemplak terbukti efektif, karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa, siswa lebih memahami materi yang dipelajari daripada sebelumnya,menjadikan materi bahasa Arab lebih mudah dipahami, dan menjadikan peserta didik ringan dalam hal belajar bahasa Arab serta memudahkan belajar bahasa Arab dimanapun berada. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:10
Last Modified: 01 Jun 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum