LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERIBADAH SANTRI DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN (PAPP) KHODIJAH

SIAMMI ISTI ARIFAH, NIM. 11220106 (2016) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERIBADAH SANTRI DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN (PAPP) KHODIJAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERIBADAH SANTRI DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN (PAPP) KHODIJAH)
11220106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERIBADAH SANTRI DI PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN (PAPP) KHODIJAH)
11220106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (758kB)

Abstract

Sebagian besar santri PAPP Khodijah kurang memperhatikan masalah beribadah. Sehingga santri kurang maksimal dalam beribadah sehari-hari karena kurangnya motivasi dalam beribadah, kesadaran diri sebagai hamba Allah masih kurang, seperti sering lupa tidak sholat, menunda-nunda waktu sholat, dan adanya faktor keluarga dan lingkungan yang kurang mendukung. Motivasi beribadah merupakan salah satu jenis permasalahan yang muncul pada santri dan bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan yang dapat digunakan membantu santri untuk meningkatkan motivasi beribadah terutama ibadah sholat fardhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi beribadah santri di PAPP Khodijah. Maka rumusan masalahnya adalah bagaimana tahap-tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok tersebut. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pembimbing sebagai pelaksana bimbingan, 6 santri sebagai sasaran bimbingan, dan pengasuh sebagai informan. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi beribadah santri di PAPP Khodijah dilaksanakan melalui beberapa tahap, meliputi: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok dan Motivasi Beribadah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Apr 2016 10:47
Last Modified: 26 Apr 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum