AL MAWAD AL DIRASIYYAH ALLATIY ISTAHDAMAT FI AL KITAB NAZM ALFIYAH IBN MALIK LI TA'LIM QAWA'ID AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI GHAYR NATIQIN BIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN NAHIYYAH AL MAWAD)

TAPSIRRUL ANAM, NIM. 12420084 (2016) AL MAWAD AL DIRASIYYAH ALLATIY ISTAHDAMAT FI AL KITAB NAZM ALFIYAH IBN MALIK LI TA'LIM QAWA'ID AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI GHAYR NATIQIN BIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN NAHIYYAH AL MAWAD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL MAWAD AL DIRASIYYAH ALLATIY ISTAHDAMAT FI AL KITAB NAZM ALFIYAH IBN MALIK LI TA'LIM QAWA'ID AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI GHAYR NATIQIN BIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN NAHIYYAH AL MAWAD))
12420084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL MAWAD AL DIRASIYYAH ALLATIY ISTAHDAMAT FI AL KITAB NAZM ALFIYAH IBN MALIK LI TA'LIM QAWA'ID AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI GHAYR NATIQIN BIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN NAHIYYAH AL MAWAD))
12420084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang di gunakan oleh pengarang kitab yaitu As Syaikh Ah Imam Al ‘allamah Jamaluddin Muhammad Bin Abdullah Bin Malik dalam menyusun kitab tersebut dan mengetahui apakah kitab tersebut sesuai dengan kriteria buku ajar yang baik untuk mengajar bahasa arab bagi siswa non arab, dilihat dari segi materi. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research atau kepustakaan, dimana peneliti mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku, jurnal, artikel, dan tulisan-tulisan tertentu dengan menggunakan analisis isi (Content Analiysis) dalam menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya metode yang di gunakan oleh Pengarang Kitab Alfiyah dalam Kitab Alfiyah Ibnu Malik telah memenuhi 3 unsur yang harus terpenuhi dalam mengarang buku pelajaran. Pertama yaitu Tenik Penyajian yang meliputi: Sistematika Penyajian, Keruntutan Penyajian, dan Keseimbangan antar Bab. Yang kedua yaitu Penyajian Pembelajaran, yang meliputi: Berpusat pada Siswa, Mengembangkan Keterampilan Proses, dan Memperhatikan Keselamatan Kerja. Yang ketiga yaitu Kelengkapan Penyajian, yang meliputi: Bagian Pendahuluan, Bagian Isi, dan Bagian Penyudah. Kitab Nadhom Alfiyah Ibnu Malik, secara umum tidak sesuai dengan kriteria buku ajar yang baik untuk mengajar bahasa arab bagi siswa non arab, di karenakan kitab ini tidak memenuhi syarat-syarat buku ajar yang baik untuk mengajar bahasa arab bagi non arab. Syarat-syarat tersebut meliputi Materi Pokok (Qiro’ah, qowa’id, Latihanlatihan, Kamus Kecil/ mufrodat), dan Materi Pendukung (Kamus, Buku Belajar Siswa, Buku Latihan, Buku Pedoman Guru). Dalam hal ini, Penulis hanya menyajikan Qowaid dan Latiahan. Penulis Kitab Nadhom Alfiyah Ibnu Malik telah menyajikan Materi Qowaid, akan tetapi tidak sesuai dengan kriteria materi Qowaid yang baik. Materi Qowaid yang baik seharusnya tidak terlalu panjang lebar dalam cakupanya, akan tetapi qowaid yang di sajikan di dalam kitab Nadhom Alfiyah Ibnu Malik terlalu panjang lebar. Seperti itu juga, Pengarang Kitab Nadhom Alfiyah Ibnu Malik telah menyajikan Latihan-latihan, akan tetapi latihan tersebut hanya untuk seputar Qowaid, dan tidak di tujukan untuk mengembangkan Keterampilan Bahasa Siswa, yang meliputi Keterampilan Mendengar, Berbicara, Membaca, dan Menulis. Kesimpulan ini didasarkan pada kesesuaian buku terhadap teori penyusunan buku text bahasa arab yang baik untuk mengajarkan bahasa arab bagi siswa non-arab, akan tetapi buku ini sesuai dengan buku text bahasa arab untuk mengajarkan kaidah bahasa arab yang mendalam, yaitu bagi orang yang ingin mendalami kaidah bahasa arab secara mendalam. Ini dikarenakan materi dalam kitab tersebut berupa syair/nadhom rojaz yang mudah untuk dihafalkan baitnya dan difahami maknanya. Kata kunci: Analisis, Buku Ajar, Qowaid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tulus Mustofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Ajar, Qowaid.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:34
Last Modified: 01 Jun 2016 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum