IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB SISWA BOARDING SCHOOL KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

MASRUROH AZIZAH, NIM. 12420109 (2016) IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB SISWA BOARDING SCHOOL KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB SISWA BOARDING SCHOOL KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016)
12420109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB SISWA BOARDING SCHOOL KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016)
12420109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diadakannya kegiatan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode manhaji, proses kegiatan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode manhaji , untuk mengetahui implementasi metode manhaji dalam pembelajaran tarjamah bahasa arab, serta untuk mengetahui problem yang dialami dalam penerapan metode manhaji di SMA Muhammadiyah Boarding School Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Bantul. Pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan metode Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan dan tujuan pemilihan metode manhaji adalah (1) Dari segi latar belakang pendidikan siswa heterogen, (2) waktu yang digunakan lebih efisien dan efektif , (3) Dari segi kemudahan dalam hal mempelajarinya. Metode yang mendukung penggunaan metode manhaji ini adalah metode ceramah, metode tarjamah, metode latihan, dan metode menghafal. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran metode manhaji adalah (1) latar belakang siswi yang heterogen,(2) kurangnya motivasi belajar siswi, (3) kurangnya media pembelajaran yang memadai. Implementasi dari metode manhaji dalam pembelajaran bahasa arab, memiliki dua dampak, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif metode manhaji ini adalah (1)Siswa mampu menguasai banyak mufrodat, (2) Pengcoveran siswa dalam ranah tarjamah, (3) Waktu yang efektif dan efisien. Sedangkan dampak negatifnya adalah (1) Jika siswa ditarik dalam kajian tarjamah secara umum hasilnya tidak sebaik ketika siswa menerjemahkan perkata dalam pembelajaran bahasa arab alqur‟an, (2) penguasaan dalam bidang nahwu dan ṣarafnya kurang maksimal. Kata kunci: implementasi, metode manhaji, tarjamah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: implementasi, metode manhaji, tarjamah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:37
Last Modified: 02 Jun 2016 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum