METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK

NAFIATUR RASYIDAH, NIM: 12420119 (2016) METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK)
12420119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK)
12420119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nafiatur Rasyidah. 12420119. Metode Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran berbasis multiple intelligences lebih efektif dibanding pembelajaran tanpa metode berbasis multiple intelligences dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X Audio Video sebagai kelas eksperimen dan X Teknik Informatika sebagai kelas kontrol. Efektivitas penerapan metode ini diketahui dengan cara membandingkan nilai hasil belajar dan nilai peningkatan di antara kedua kelas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model desain eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yakni pembelajaran dengan metode berbasis multiple intelligences dan pembelajaran tanpa metode tersebut serta variabel terikat yakni prestasi belajar bahasa Arab. Dalam rangka mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi multiple intelligences test, pretest bahasa Arab, dan posttest bahasa Arab. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-t melalui program SPSS 22 serta uji normalitas dan uji homogenitas yang dilakukan sebelumnya sebagai uji prasyarat. Hasil analisis data meggunakan uji-t menunjukkan bahwa prestasi belajar kelas eksperimen setelah treatment lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan signifikansi 0.006 di mana lebih kecil dari 0.05. Sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Independent Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa setelah penerapan metode multiple intelligences lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan signifikansi 0.002 di mana lebih kecil dari 0.05. Sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Paired Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya. Dari hasil-hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis multiple intelligences efektif meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas X Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Kata Kunci: Efektivitas, Multiple Intelligences, Prestasi Belajar, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I, M.SI
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Multiple Intelligences, Prestasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:39
Last Modified: 02 Jun 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum