BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA MTS N MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

NURUL KURNIYATI, NIM. 12220026 (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA MTS N MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA MTS N MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12220026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA MTS N MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12220026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

Remaja merupakan salah satu tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam siklus kehidupan manusia. Berkaitan dengan hubungan sosial remaja, hampir seluruh waktu yang digunakan remaja adalah berinteraksi dengan lingkungan sosialnya kondisi tersebut sejalan dengan salah satu tugas perkembangan yang harus dipenuhi oleh remaja yaitu memperluas hubungan interpersonal dan berkomunikasi secara lebih dewasa dengan kawan sebaya baik pria maupun wanita. Adanya interaksi tersebut menyebabkan remaja juga mengalami konflk dalam hubungannya dengan orang lain yang dikenal dengan konflik interpersonal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Rumusan masalah dalam penilitian ini ada 2 yaitu apa penyebab konflik interpersonal siswa MTs N Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta dan apa metode bimbingan dan konseling yang dilakukan untuk menganani konflik interpersonal siswa MTs N Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penyebab konflik interpersonal siswa dan mendeskripsikan metode bimbingan dan konseling dalam menangani konflik interpersonal siswa meliputi perkelahian dan dijauhi teman. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah 2 Guru Bimbibingan dan Konseling dan 5 siswa kelas VII dan 3 wali kelas. Obyek penelitian ini adalah faktor penyebab konflik interpersonal siswa dan metode bimbingan dan konseling dalam menangani konflik interpersonal siswa yang meliputi perkelahian dan dijauhi teman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab konflik interpersonal siswa ada 2 yaitu pribadi dan komunikasi sedangkan metode yang digunakan dalam menangani konflik interpersonal siswa adalah metode direktif dan eklektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Konflik Interpersonal
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Apr 2016 09:48
Last Modified: 27 Apr 2016 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum