UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMA N 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

HERI NUGROHO, NIM. 12220032 (2016) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMA N 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMA N 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
12220032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMA N 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
12220032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi mengharukan yang terjadi pada pergaulan bebas remaja sekarang, masih banyak menghiraukan bahkan tidak memahami akan dampak yang ditimbulkan dari pergaulan bebas tersebut. Untuk itu melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK–R), guru bimbingan dan konseling bersama stakeholder berupaya mengantisipasi sekaligus menanggulangi remajanya atau peserta didiknya terseret arus pergaulan bebas. Dengan salah satu caranya memberikan pemahaman kesehatan reproduksi. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan mengenai bentuk–bentuk usaha yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi di SMA N 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan Anggota Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK–R). Sedangkan objek penelitian ini adalah bentuk-bentuk usaha yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi di SMA N 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk–bentuk usaha yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi di SMA N 1 Kalasan Sleman Yogyakarta, yaitu memberikan layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok. Bentuk bimbingan kelompok yang dilakukan guru bimbingan dan konseling tersebut melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), yaitu terdiri dari penyuluhan yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling bekerjasama dengan lembaga luar sekolah, pendampingan oleh guru bimbingan dan konseling kepada Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK–R) dalam kegiatan sosialisasi ke kelas dan pendampingan oleh guru bimbingan dan konseling kepada konselor sebaya (PIK-R), serta advokasi atau mencari dukungan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling kepada kepala sekolah sehingga kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK–R) diakui dan semua dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dan Kesehatan Reproduksi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Apr 2016 10:02
Last Modified: 27 Apr 2016 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum