PENGARUH PENGETAHUAN PENGUSAHA BATU MARMER TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Pengusaha Batu Marmer di Desa Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

MITRA GUSTRIANA, NIM. 10390188 (2015) PENGARUH PENGETAHUAN PENGUSAHA BATU MARMER TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Pengusaha Batu Marmer di Desa Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGETAHUAN PENGUSAHA BATU MARMER TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Pengusaha Batu Marmer di Desa Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung))
10390188_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGETAHUAN PENGUSAHA BATU MARMER TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Pengusaha Batu Marmer di Desa Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung))
10390188_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB)

Abstract

Bank Syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Beberapa tahun terakhir bank syariah telah berkembang pesat di Indonesia. Dengan berkembangnya perbankan syariah di Indonesia tentu memiliki dampak pula terhadap ekonomi di bidang kewirausahaan. Karena wirausahawan merupakan nasabah potensial bagi perbankan syariah tidak terkecuali pengusaha batu marmer di Kabupaten Tulungagung. Pengetahuan pengusaha batu marmer tentang perbankan syariah mutlak diperlukan agar para pengusaha batu marmer memiliki pertimbangan yang cukup dalam mengambil keputusan untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pengusaha batu marmer terhadap minat menggunakan jasa perbankan syariah dan mengukur seberapa besar pengaruh pengetahuan tentang perbankan syariah terhadap minat pengusaha batu marmer untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka. Sampel dari penelitian ini adalah pengusaha batu marmer yang berjumlah 36 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan pengertian perbankan syariah, pengetahuan lokasi perbankan syariah, pengetahuan prinsip-prinsip perbankan syariah, dan pengetahuan produkproduk perbankan syariah. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah minat menggunakan jasa perbankan syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan pengetahuan tentang perbankan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan jasa perbankan syariah. Dan hasil uji parsial menunjukkan bahwa pengetahuan tentang pengertian perbankan syariah dan pengetahuan tentang produk perbankan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan jasa perbankan syariah. Sedangkan dua variabel independen yang lain yaitu pengetahuan tentang lokasi dan prinsip perbankan syariah tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan jasa perbankan syariah. Kata kunci: pengetahuan pengertian perbankan syariah,pengetahuan lokasi perbankan syariah, pengetahuan prinsip perbankan syariah, pengetahuan produk perbankan syariah, dan minat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN., SE. M. Si 2. SUNARSIH., SE. M. Si
Uncontrolled Keywords: pengetahuan pengertian perbankan syariah,pengetahuan lokasi perbankan syariah, pengetahuan prinsip perbankan syariah, pengetahuan produk perbankan syariah, dan minat.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:34
Last Modified: 01 Jun 2016 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum