MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MANGGAR BELITUNG TIMUR BANGKA-BELITUNG

RICKO VALENTINO, NIM. 1220410225 (2016) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MANGGAR BELITUNG TIMUR BANGKA-BELITUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MANGGAR BELITUNG TIMUR BANGKA-BELITUNG)
1220410225_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MANGGAR BELITUNG TIMUR BANGKA-BELITUNG)
1220410225_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ricko Valentino, Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Manggar Belitung Timur, Bangka-Belitung. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Penelitian dilatarbelakangi oleh fakta MTsN Manggar semakin diminati calon peserta didik lulusan dan membatasi kuota penerimaan siswa baru selama empat tahun pelajaran terakhir. Penelitian bertempat di MTsN Manggar dengan tujuan menganalisis dan mendeskripsikan 1) manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Manggar, 2) upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru MTsN Manggar, 3) apasaja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru di MTsN Manggar Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Ketiganya dilakukan secara interaktif dengan proses pengumpulan data (data collecting) sebagai suatu siklus. Hasil penelitian menunjukan 1) manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilihat dari tujuh komponen pendidikan yaitu kurikulum yang terdiri dari kegiatan perencanaan, penerapan, pengawasan dan evaluasi, personalia yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengadaan/rekrutmen, pengorganisasian, pembinaan, promosi, mutasi, pemberhentian, dan kompensasi, kesiswaan yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pembinaan, sarana dan prasarana yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengadaan, pengawasan/pemeliharaan, dan penghapusan/inventarisasi, dan hubungan masyarakat yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta pembiayaan dan layanan khusus 2) kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dilihat dari pengembangan kompetensi pedagogik meliputi MGMP, pelatihan mandiri, supervisi akademik, kegiatan ilmiah, kompetensi kepribadian dengan pendelegasian/pemberian peran, kompetensi profesional meliputi diklat, sertifikasi pendidik, studi lanjut, kompetensi sosial meliputi arisan guru, anjangsana. 3) faktor pendukung dan penghambat yang ditemui (a) kekuatan: satu-satunya MTs Negeri di Kabupaten, memiliki etos kerja kepala madrasah yang tinggi, makin bertambahnya guru S1, memiliki tiga laboratorium (IPA, Komputer, Bahasa/multimedia), dan terletak di lokasi yang strategis, (b) kelemahan: kualitas Raw Input yang rendah, lulusan yang tidak dapat dibedakan dengan lulusan sekolah lain, belum semua guru mampu memanfaatkan TIK, minim partisipasi orangtua/wali, banyaknya guru dan pegawai honorer, (c) peluang: dukungan dari Kemenag dan Kemdikbud, bertambahnya peminat siswa baru tiap tahun, terciptanya kerjasama dengan pihak lain peduli pendidikan, ciri khas agama Islam, pandangan masyarakat tentang biaya pendidikan (d) ancaman: citra masyarakat terhadap madrasah, tingkat kelulusan UN, regulasi pemerintah di bidang pendidikan, pesatnya perkembangan TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:00
Last Modified: 27 Apr 2016 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum