NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI “BERJANJENAN” DI DUSUN SEPATEN DESA MADUGONDO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG

LAILIYA ROHANA, NIM. 1220411208 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI “BERJANJENAN” DI DUSUN SEPATEN DESA MADUGONDO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI “BERJANJENAN” DI DUSUN SEPATEN DESA MADUGONDO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG)
1220411208_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI “BERJANJENAN” DI DUSUN SEPATEN DESA MADUGONDO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG)
1220411208_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)

Abstract

LAILIYA ROHANA. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Berjanjenan di Dusun Sepaten Desa Madugondo Kajoran Magelang. Tesis. Yogyakarta: Konsentarsi Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini berdasarkan atas perkembangan budaya dan kultur masyarakat serta mengikisnya norma-norma kehidupan di masyarakat yang diakibatkan oleh pengaruh perkembangan modern sehingga menjadikan adat kebiasaan masyarakat itu hilang. Dengan permasalahan terebut maka kehadiran tradisi berjanjenan diharapkan dapat memberi warna pada kebiasaan masyarakat yang sudah berjalan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengolahan data, peneliti memulai dengan observasi tradisi berjanjenan secara langsung dan mengikuti proses berlangsungnya berjanjenan tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan wawancara dengan anggota jama’ah berjanjenan tersebut dan disertai dengan catatan-catatan yang terkait dengan kegiatan tersebut yang kemudian di organisasikan ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil dari isi kitab al-Barzanji maupun dari tradisi berjanjenan ini meliputi tiga aspek yaitu tauhid, akhlak dan sosial. Isi kitab al-Barzanji maupun dari tradisi berjanjenan dari aspek tauhid meliputi: aqidah, bersyukur, dzikir, ibadah. Dari aspek akhlak meliputi: akhlak kepada Allah, akhlak kepada orang tua dan akhlak kepada sesama. Dari aspek sosial tradisi berjanjenan meliputi: musyawarah, persaudaraan, tanggungjawab, saling menghormati, pengembangan diri. Tradisi berjanjenan bagi masyarakat Madugondo membawa hal yang positif baik bagi individu maupun sosial. Diantaranya mendapat ketenangan jiwa ketika membacanya, selalu mengucapkan sholawat dalam keadaan apapun,dan meniru kebagusan akhlak yang tercermin dari diri Rasulullah Saw. Sedangkan bagi kehidupan sosial, manfaat yang besar yang didapat dari tradisi berjanjenan ini yaitu mampu menjadikan masyarakat yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi, peduli terhadap sesama dan saling bantu membantu bagi yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Berjanjenan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:02
Last Modified: 27 Apr 2016 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum