PENERAPAN HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN

MUHAMMAD MANSUR, NIM. 1320410082 (2016) PENERAPAN HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN)
1320410082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN)
1320410082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Mansur, Penerapan Hypnoteaching dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di SDIT Salsabila 2 Klaseman, Tesis, Yogyakarta: 2016. Salah satu penentu mutu pembelajaran ditentukan oleh proses pembelajaran yang berkualitas. Dengan proses pembelajaran yang berkualitas maka tujuan dari pembelajaran itu akan tercapai dengan maksimal. Berangkat dari proses kurang maksimalnya proses pembelajaran PAI di kelas IV dan V SDIT Salsabila 2 Klaseman, maka perlunya sebuah langkah-langkah yang bisa meningkatkan mutu pengelolaan pembelajaran PAI. Kondisi yang terjadi, pembelajaran PAI cenderung monoton, kurang terjalin komunikasi dua arah antara guru dan siswa, selain itu siswa kurang terkelola dengan baik sehingga siswa tidak fokus mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, sebagai guru harus mengambil tindakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga dapat meningkatkan mutu pengelolaan guru PAI dengan menerapkan metode hypnoteaching dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Hypnoteaching dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di kelas IV dan kelas V SDIT Salsabila 2 Klaseman Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, waawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data. Selain itu, dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistic sederhana dalam untuk membantu pengungkapan data. Adapun urutan kegiatan meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan pelaksanaan tindakan sebanyak 3 siklus untuk masing-masing kelas, semuanya berjalan sesuai rencana. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa metode hypnoteaching dapat meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan dari perilaku dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mulai terkendalikan dengan baik, adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran dibuktikan dengan adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa, selain itu siswa fokus dan senang mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung. Peningkatan mutu pembelajaran pada kelas V bisa dilihat dari data angket dan observasi pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan mutu pengelolaan. Secara kesuluruhan peningkatannnya sebesar 11, 71 %. Dan sebagai pembanding untuk pembelajaran PAI di kelas IV juga menghasilkan hasil yang tidak jauh berbeda yaitu secara kesuluruhan terjadi peningkatan sebesar 13,4 %. Demikian pula dengan hasil perhitungan pada lembar observasi kelas V, yang mana mutu pengelolaan pembelajaran secara kesuluruhan terjadi peningkatan sebesar 14,50 %. Selanjutnya, sebagai pembanding mutu pembelajaran PAI di kelas IV juga mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari hasil perhitungan pada lembar observasi yang mana mutu pembelajaran secara kesuluruhan terjadi peningkatan mutu pembelajar sebesar 17 %. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan hypnoteaching dalam pembelajaran memang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, Mutu Pembelajaran, SDIT Salsabila 2 Klaseman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:06
Last Modified: 27 Apr 2016 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum