PENGEMBANGAN MODUL AL-KALĀM PROGRAM BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2015

NAILUL HIMMATUL KHUSNA, NIM. 1320411245 (2016) PENGEMBANGAN MODUL AL-KALĀM PROGRAM BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL AL-KALĀM PROGRAM BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2015)
1320411245_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AL-KALĀM PROGRAM BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2015)
1320411245_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NAILUL HIMMATUL KHUSNA, Pengembangan Modul al-Kalām Program Bahasa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2015, Tesis: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul materi al-kalām yang berjudul muḥādaṡah yaumiyah yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim kelas VII & VIII. Dilihat dari hasil validasi ahli desain dan ahli materi serta respon dari guru dan peserta didik terhadap modul yang disusun dan dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan terdiri dari: (1) Menentukan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) pengembangan produk, (5) validasi produk, (6) respon guru (7) uji coba produk, (8) revisi produk, (9) produk modul. Proses validasi dilakukan oleh dua ahli desain dan ahli materi. Subjek penelitian adalah guru (tim bahasa) dan peserta didik Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Data diperoleh menggunakan angket untuk ahli desain dan ahli materi serta respon para guru dan para peserta didik terhadap modul yang disusun dan dikembangkan, pada aspek desain, aspek penggunaan, aspek isi/materi, dan aspek pembelajaran. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini layak menjadi produk akhir setelah melalui validasi ahli desain dan validasi ahli materi. Kelayakan tersebut dilihat dari rata-rata skor penilaian dari ahli desain pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik dan aspek penggunaan menghasilkan skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli materi untuk aspek isi/materi menghasilkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik dan aspek pembelajaran menghasilkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik.Hasil respon para guru terhadap produk ini pada aspek isi/materi 4,28 (sangat baik) dan aspek desain 4,2 (baik). Sedangkan hasil respon peserta didik terhadap produk ini pada aspek isi/materi 3,82 (baik) dan aspek desain 4,15 (baik). Produk ini mendapatkan respon positif dari para guru (tim bahasa) dan peserta didik dan dianggap layak digunakan dalam pembelajaran program bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukmata, M.A.
Uncontrolled Keywords: Modul, Program Bahasa, dan al-Kalām.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:18
Last Modified: 27 Apr 2016 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum