RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM DALAM MENANGGULANGI PRILAKU BULLYING SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA)

ABDUL KODIR, SPDI, NIM. 1420410017 (2016) RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM DALAM MENANGGULANGI PRILAKU BULLYING SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM DALAM MENANGGULANGI PRILAKU BULLYING SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA))
1420410017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM DALAM MENANGGULANGI PRILAKU BULLYING SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA))
1420410017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abdul Kodir : Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam dalam Menanggulangi Prilaku Bullying Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta), Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan dan konseling Islam, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kasus prilaku bullying yang terjadi di lingkungan pendidikan khususnya di SMA Negeri 11 Yogyakarta, berupa bullying aspek fisik, verbal, dan psikis. Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam ini diterapkan bertujuan untuk menanggulangi prilaku bullying siswa tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, bertujuan untuk melihat efektivitas Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam dalam menanggulangi prilaku bullying menggunakan desain True Experimental Pre-test dan Pos-ttest Control Group Design sebanyak 9 siswa pada kelompok eksperimen dan 9 siswa kelompok kontrol. Penentuan subyek dipilih dari hasil pree-test skala prilaku bullying dengan skor tertinggi tertinggi. Hasil uji beda dengan menggunakan medode Wilcoxon Signed Rank Test kelompok eksperimen pree-test dan post-test sebesar Z = -2,668 dengan p-value sebesar 0,008 (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pree-test dan post-test. Uji beda pree-test dan post-test kelompok kontrol pada tabel t statistics Z = -0,378 dengan p-value 0,705 (0,05), menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor siswa sebelum dan setelah perlakuan. Pada tabel descriptive statistics menunjukkan nilai rata-rata (mean) kelompok kontrol 57,56 dibanding kelompok eksperimen 54,67 ini berarti terdapat selisih nilai pree-test dan post-test pada kelompok kontrol dan eksperimen. Dari hasil analisis tersebut bahwa Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam efektive dalam menanggulangi prilaku bullying siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa‟adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: REBT, berbasis Islam, bullying.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:25
Last Modified: 27 Apr 2016 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum